Cara Pelunasan KPR Bank Mandiri

Desember 19, 2011 at 12:09 pm 201 komentar

Sudah lebih dari empat tahun saya menjalani kredit KPR di Bank Mandiri. Selama tiga tahun, saya menjalani kredit dengan bunga fixed 9.9% karena masih masuk program promosi. Setelah itu, bunganya naik jadi 13.75% kemudian turun lagi jadi sekitar 11-12% setelah diprotes. Sayangnya, bunga itu naik lagi jadi 13.75% lagi. Akhirnya saya putuskan untuk melakukan pelunasan bertahap.

Dalam seminggu ini, saya berusaha untuk mencari tambahan uang yang akan digunakan untuk membayar hutang KPR saya ke Bank Mandiri. Hal ini dipicu oleh kondisi cicilan yang malah naik terus setelah bunga promosi fixed berakhir. Kaget juga melihat skema cicilan pokok dan bunganya yang luar biasa semakin jauh ketika bunga hutang dinaikkan. Mantap… Sebagian  uang gaji digunakan hanya untuk membayar bunga Bank.  Jika cicilan dilakukan selama periode 15 tahun, maka pembayaran bunganya per bulan bisa 75-80% dari total cicilan per bulan. Pokoknya hanya 20-25% saja dibayarkan. Setelah diskusi dengan Istri, akhirnya kami berdua sepakat untuk mengumpulkan sisa tabungan untuk melakukan pelunasan bertahap.

Alhamdulillah lebih dari setengah total hutang KPR berhasil saya lunasi. Untuk mempermudah rekan-rekan yang lain yang juga ingin melunasi hutang bertahap atau hutang keseluruhan di Bank Mandiri, saya berikan cara pembayaran hutang KPR di Bank Mandiri. Cukup mudah juga.

Pertama, debitor harus datang ke tempat debitor tersebut melakukan akad kredit. Kebetulan saya melakukan akad kredit di Bank Mandiri, Plaza Bapindo, Mandiri Tower, lantai 2, maka saya harus datang ke bagian consumer loans Bank Mandiri tersebut.

Kedua, siapkan KTP, SIM, nomor rekening Bank Mandiri. SIM digunakan untuk menukar ID pada saat masuk di pintu resepsionis, sedangkan KTP akan digunakan sebagai ID yang terdaftar pada perjanjian dengan Bank Mandiri. Nomor rekening Bank Mandiri debitor akan dibutuhkan saat mengisi form pelunasan.

Ketiga, setelah sampai di consumer loans lantai 2, segeralah minta form pelunasan ke petugas  yang sedang berjaga.

Keempat, isi form dengan data diri, alamat, nomor rekening Bank Mandiri, jumlah utang yang akan dilunasi, dan skema pembayaran berikutnya. Skema pembayaran berikutnya hanya menyediakan dua opsi, yaitu opsi pertama pembayaran dengan cicilan tetap dan jangka waktu berubah atau opsi kedua cicilan berubah dengan jangka waktu pelunasan tetap (tidak berubah).

Kelima, serahkan form tersebut ke petugas dan tunggulah giliran debitor dipanggil. Proses pelunasan tidak terlalu lama pada saat berhadapan dengan petugas yang berwenang.

Setelah selesai lima proses tersebut selesai, debitor akan dikonfirmasi alamat yang dicatat di form untuk proses pengiriman laporan perubahannya.

Hal-hal lain yang perlu diperhatikan adalah :

-         isilah rekening dengan uang pelunasan yang mencukupi plus cicilan bulan tersebut. Skema cicilan baru berubah pada cicilan bulan berikutnya.

-         penalty hanya diberikan pada debitor di bawah 1 tahun (pada kasus saya). Bisa dilihat pada perjanjian awal apakah sama skemanya. Jika masih ada penalty, maka harus disediakan juga jumlahnya sesuai dengan penalty.

-         debet rekening akan dilakukan pada hari yang sama.

Jadi tidak perlu telepon ke 5266566 terlebih dahulu untuk membuat perjanjian karena nomor ini selalu sibuk terus menerus. Dari puluhan kali saya mencoba, semuanya tidak berhasil menjangkau operator. So, langsung datang ke bagian consumer loans saja ya…

Download Perhitungan KPR Mandiri.

Entry filed under: My Journey. Tags: , , , , , , , , , , , , , , , .

Selamat Tinggal Rover-ku Hello World

201 Komentar Add your own

  • 1. een  |  Maret 12, 2012 pukul 8:37 pm

    info bagus, saya bookmark pak.

    Ok, thanks…

    Balas
  • 2. ghozali  |  April 14, 2012 pukul 1:12 pm

    kalau boleh tau bapak pilihannya yang mana? tahunnya berkurang atau cicilan yang turun?? trims

    Saya pilih yang tahunnya berkurang supaya lebih cepat lunasnya…

    Balas
  • 3. indri  |  Juni 10, 2012 pukul 8:29 pm

    kalau boleh tahu bapak sebelumnya ambil brp th dan sekarang jadi brp th? n ada pengembalian asuransi jiwanya ga pak? trs kita bisa nego bunga (krn historis pembayarn kita yg bagus) ga pak di mandiri?. thx

    Saya ambil 15 tahun. Promo waktu itu 3 tahun fixed 9,9%. Setelah fixed 3 tahun naik 13,75%. Bisa dinego cuma tidak bisa kembali ke awal saat promo. Bisa turun bunganya, tapi tidak banyak.

    Balas
    • 4. dodik  |  Oktober 2, 2012 pukul 1:24 pm

      bisa di share ga negonya gimana?trus ke bagian apa?

      Masuk ke website Bank Mandiri lalu klik bagian Contact Us. Sampaikan keluhannya lewat form tersebut jika keberatan dengan bunga yang ditawarkan. Berikan alasan keberatannya. Jangan lupa lampirkan KTP dalam bentuk pdf. Jangan lupa trouble ticket ID-nya, pada saat ada balasan dari CS Bank Mandiri.

  • 5. Dani  |  Juni 14, 2012 pukul 4:39 pm

    Bisa dijelaskan lebih lanjut mengenai pelunasan sebagiannya,,perhitungan cicilan pokok & bunganya seperti apa?

    saya baca artikel : http://luxmile.wordpress.com/2011/11/03/tips-cara-cepat-melunasi-kpr-btn/

    Apakah memungkinkan dilakukan pada KPR Mandiri?
    tks atas penjelasannya.

    Sudah saya kirim via email cara perhitungan dengan menggunakan formula yang telah disediakan oleh excel.

    Balas
  • 7. ichi1kerenz  |  Juli 20, 2012 pukul 11:35 am

    Kalo Bapak berkenan, bisakah saya mendapatkan formula excel mengenai pelunasan sebagian,perhitungan cicilan pokok & bunganya? Kebetulan saya juga ambil KPR di Mandiri dan ada rencana pelunasan sebagian pokok hutang KPR biar bisa cepat lunas.

    Terima Kasih.

    Sudah saya kirim lewat email. Semoga bermanfaat.

    Balas
    • 8. Awal  |  September 17, 2013 pukul 11:17 am

      boleh saya minta di email juga?
      tks

      sudah ada di dalam artikel posting tersebut…

  • 9. anto  |  Juli 28, 2012 pukul 11:23 pm

    Pak kasih tau donk caranya..

    thx

    Sudah saya kirim ya…

    Balas
  • 10. rizky rahayu  |  Juli 30, 2012 pukul 10:47 am

    Pak..bisa tolong kirim juga formula excel yang untuk pelunasan bertahap ke saya..krn sy jg kaget setelah selesai masa promo (fixed 1th) koq perbedaannya lumayan tinggi..thx ya pak atas infonya

    Sudah saya kirim ya…

    Balas
  • 11. DHIYANTO  |  Juli 31, 2012 pukul 4:39 pm

    Bapak saya minta tolong dong dikirim perhitunganya, karena saya udah 8 tahun pengin lunasin. tq

    sudah saya kirim via email

    Balas
  • 12. iffa  |  Agustus 4, 2012 pukul 10:15 am

    pak.. bisa minta formula excelnya :D

    sudah saya kirim via email

    Balas
  • 13. FANI  |  Agustus 6, 2012 pukul 9:50 am

    pak, boleh di share untuk pengalaman permohonan penurunan bunga cicilan di Mandiri, saya sudah 2x mengajukan ke Mandiri (sekarang 13,75%) namun selalu ditolak dengan alasan tidak bisa. Boleh di share pak bagaimana caranya, isi surat permohonannya dan ditujukan ke siapa.
    Kemudian untuk perihal di atas yang bapak sampaikan boleh juga saya dikirimi pak ilustrasinya. Terima kasih

    sudah saya kirim via email jawabannya.

    Balas
    • 14. FANI  |  Oktober 23, 2012 pukul 4:45 pm

      boleh di share file excelnya pak

  • 15. dien  |  Agustus 7, 2012 pukul 1:09 am

    Pak, bs minta tlg dikirim formula excel jg, kebetulan sy jg ambil kpr mandiri. Makasih

    sudah saya kirim via email

    Balas
  • 16. Albar  |  Agustus 7, 2012 pukul 12:39 pm

    Pak..bisa tolong kirim juga formula excel yang untuk pelunasan bertahap.. kebetulan saya juga berencana KPR Mandiri Tks..

    sudah saya kirim via email

    Balas
  • 17. anton  |  Agustus 8, 2012 pukul 8:02 am

    Thanks, inspiratif utk mengurangi beban cicilan. Boleh saya dikirim excel filenya juga.

    sudah saya kirim via email. thanks telah berkunjung…

    Balas
  • 18. caesar  |  Agustus 16, 2012 pukul 1:15 pm

    Pak.. tolong kirim juga formula excel yang untuk pelunasan bertahap ke saya.. masa promo saya (fixed 2 th) Saya ingin juga percepat pelunsannya

    Sudah saya kirim via email. Maaf agak lama karena libur lebaran…

    Balas
    • 19. Aldrin  |  September 10, 2012 pukul 2:13 pm

      Pak, saya juga mau formulanya, saya sudah reply lumayan lama tapi tidak muncul di diskusi ini. Terima kasih.

      Baru saya kirim per hari ini.. Baru sempat buka comment di blog dan balas comment-nya… Thanks telah berkunjung…

  • 20. vdhost  |  Agustus 20, 2012 pukul 1:49 pm

    thx mas, atas infonya, bisa minta diemailin formulanya, sy baru ambil tahun kmrn utk 15 tahun, fixnya baru sls, kena yg 13,75%, nyoba ngajukan penurunan, blm ada jawaban, denger dr temen yg udh ambil kpr mandiri 3 tahun naik terus tiap 6 bulan,, fiuh

    Sebenarnya bunganya tergantung pihak Banknya. Hanya saja dari bunga promo ke bunga tidak promo, naiknya cukup signifikan dan mengagetkan. Kasus saya dari 9.9% menjadi 13.75%. Harus ada permohonan pengajuan penurunan bunga bank dari pihak nasabah agar bunganya bisa turun.

    Balas
  • 21. manda  |  Agustus 30, 2012 pukul 8:23 pm

    Pak, nice info<saya boleh minta dikirim file excelnya?karena memang sedih bgt liat perbandingan bunga-pokok di kpr, thanks b4

    Sudah saya kirim via email perhitungannya. Siapa tahu semakin semangat untuk melunasi

    Balas
  • 22. Aldrin  |  Agustus 31, 2012 pukul 10:59 am

    Pak boleh di share file excelnya? saya juga ingin melakukan hal yang sama

    Sudah saya kirim via email.

    Balas
  • 23. Inoe  |  September 1, 2012 pukul 12:19 pm

    Trm ksh atas infonya yg sgt bermanfaat. Saya jg ambil KPR Mandiri thn 2007 dgn kondisi yg sama persis spt Bapak. Kl tdk keberatan blh tlg dishare jg perhitungan excelnya pak. Trm ksh byk sblmnya.

    Sudah saya kirim via email…

    Balas
  • 24. Agung  |  September 4, 2012 pukul 1:51 pm

    Pak, informasinya sangat berguna sekali. Saya beberapa kali telp no tsb dan memang operatornya sangat sibuk. Saya berencanan melunasi sebagian KPR Mandiri saya. BIsa saya dikirim excl filenya juga. Trm kasih.

    Sudah saya kirim via email…

    Balas
  • 25. aini  |  September 6, 2012 pukul 9:47 am

    bagus skali ulasannya, kebetulan sudah dari sblm puasa saya merencanakan pelunasan sebagian, tetapi melalui fax mengirim suratnya dan tidak pernah sampai hingga saat ini pelunasan sebagian masi gagal, btw saya jg bisa minta excelnya untuk perhitungan hutangnya? trs bagaimana cara nego bunga KPR, terima kasih bapak..:)

    Sudah saya kirim via email.

    Balas
  • 26. John HT  |  September 6, 2012 pukul 11:46 am

    Pak, koq saya gak di kirimin file excel nya..? :D
    *minta aja belom..hehe

    Sudah saya kirim via email

    Balas
  • 27. ditha aziezah  |  September 11, 2012 pukul 11:34 am

    pak, mau tanya apakah kita menandatangani perjanjian baru lagi (setelah ada pelunasan sebagian)? mengingat kan pokoknya kit berkurang? kapan itu terjadi, dihari yang sama kita lunasi kah? sekalian mohon kirim fiel excelnya ya. tq

    Biasanya ada kertas baru yang bisa ditandatangani, tapi bukan dalam bentuk perjanjian baru. Ditandatangani pada hari itu juga. Sudah saya kirim perhitungannya.

    Balas
  • 28. zell  |  September 13, 2012 pukul 7:52 pm

    pak bisa minta file excelnya..?? kebetulan baru mau KPR nih…
    Tq ;-)

    Sudah saya kirim via email…

    Balas
  • 29. Luffi Mulyani  |  September 18, 2012 pukul 7:25 pm

    Salam kenal pak….
    Bisakah saya mohon juga untuk dikirim ilustrasi yang via excel, karena saya juga punya masalah yang sama.

    Terima kasih bapak

    Sudah saya kirim via email.. Semoga bermanfaat..

    Balas
  • 30. Rudy  |  September 19, 2012 pukul 9:49 pm

    Pak, saya baru berencana akan mengajukan kpr.
    Pak boleh dishare file excelnya?thank you

    Sudah saya kirim via email

    Balas
  • 31. dodi sopana (@disopana)  |  September 21, 2012 pukul 12:28 am

    boleh dong file excel-nya dikirimkan

    Sudah saya kirim via email

    Balas
  • 32. taofan  |  September 21, 2012 pukul 11:33 am

    Pak, apakah boleh juga saya dikirimkan filenya, karnena sy juga sedang dilema terkait permasalahan tsb. Smga sy dapat pencerahan dari Bpk.

    Terima kasih

    Tidak usah dilema, Pak… Sudah saya kirim via email

    Balas
  • 33. LUFFI MULYANI  |  September 21, 2012 pukul 7:29 pm

    Bpk, bisa mohon dikirim file excel-nya, terima kasih

    Sudah saya kirim ya

    Balas
  • 34. Andy  |  September 23, 2012 pukul 4:58 pm

    Pak, sy tertarik dengan cerita bapak. Bp infokan bahwa bunga turun menjadi 11% setelah diprotes, namun naik lagi menjadi 13.75%. Knp ya pak? Oya, apakah sy boleh dikirimkan file excelnya ?

    Terima kasih

    Ternyata ada yang memperhatikan ada beberapa kata yang kurang dalam artikel ini. Bunganya naik lagi setelah bunga 11% berlaku selama 6 bulan. Jadi sepertinya Bank memberlakukan bunga selama 6 bulan.

    Balas
  • 35. Trifandi  |  September 24, 2012 pukul 10:23 pm

    Saya juga mengalami hal yg sama. Rencananya bulan depan saya mau melunasi sebagian hutang/pinjaman saya, utk mengurangi jumlah cicilan per bulannya (jangka waktu kredit tetap). Kalau posisi saya diluar daerah, apa bisa melakukan pelunasan dari bank mandiri terdekat?
    Apa bisa di share formula excel-nya pak? Terima kasih

    Sudah saya kirim ya… Biasanya di tempat akad kredit pelaksanaan pelunasan bertahapnya…

    Balas
  • 36. ican  |  September 25, 2012 pukul 12:02 pm

    selamat pagi Pak, salam kenal
    kebetulan saya berencana mengajukan KPR Mandiri…
    Pak, boleh di-share file excelnya ?

    terima kasih Pak…

    Balas
  • 37. niezha  |  September 26, 2012 pukul 4:13 pm

    Pak..tolong dikirim formula excelnya ya..sy juga baru berencana kpr di Mandiri..biar tau tahap pelunasan nanti..thanks

    Sudah saya kirim ya…

    Balas
  • 38. Taufiq Arif  |  September 27, 2012 pukul 5:19 pm

    Sore pak, saya minta tolong dong dikirim formula excelnya ? trims sebelumnya.

    Sudah saya kirim via email

    Balas
  • 39. Rofiqoh Darmawati  |  Oktober 1, 2012 pukul 9:32 pm

    Pak, sy juga minta tlng dikrm formula excelnya ya, Ada rencana mau melunasi bertahap juga. thx Pak !

    Sudah saya kirim via email

    Balas
  • 40. Taufiq F  |  Oktober 2, 2012 pukul 9:06 am

    Pak, mohon bisa dishare formula excelnya. tksh.

    Sudah saya kirim via email…

    Balas
  • 41. Rizal  |  Oktober 2, 2012 pukul 3:49 pm

    Pak minta juga donk formula excelnya. Thanks

    Sudah saya kirim via email ya…

    Balas
  • 42. indra  |  Oktober 2, 2012 pukul 6:00 pm

    bisa minta file exelnya juga pak?

    Sudah saya kirim via email… Thanks.

    Balas
  • 43. Rudy  |  Oktober 2, 2012 pukul 8:08 pm

    sy punya cicilan di bank lain tapi mau saya coba cara bpk, bisa kirimkan Excelnya..tks

    Sudah saya kirim via email. Thanks…

    Balas
  • 44. ahmad  |  Oktober 3, 2012 pukul 11:38 am

    Bisakah saya mohon juga untuk dikirim ilustrasi yang via excel, karena saya juga punya masalah yang sama.

    Terima kasih bapak

    Sudah saya kirim via email. SEmoga bermanfaat.

    Balas
  • 45. navan  |  Oktober 3, 2012 pukul 12:26 pm

    Pak minta juga donk formula excelnya. Thanks

    Balas
  • 46. navan  |  Oktober 3, 2012 pukul 12:28 pm

    minta diemail di navan_chan@yahoo.co.id

    Siap.. Sudah saya kirim via email. Semoga bermanfaat.

    Balas
  • 47. Wawan  |  Oktober 3, 2012 pukul 4:17 pm

    maksut pelunasan sebagian itu seperti apa pak?
    bisa dikirimkan sekalian file excelnya

    Pelunasan sebagian itu pelunasan yang dibatasi oleh dana orang yang berhutang. Yang dilunasi bukanlah total hutang.

    Balas
  • 48. Larasati.  |  Oktober 5, 2012 pukul 8:46 pm

    kalo saya KPR via BNI,tp kasusnya sama dengan bapak…barangkali bisa di share file excelnya pak,timakasih sebelumnya.

    Sudah saya kirim via email. Semoga bermanfaat.

    Balas
  • 49. deden  |  Oktober 10, 2012 pukul 7:39 pm

    Pak mohon bantauannya untuk diemail ke deden80@gmail.com. Trims banyak

    saya kirim via email ya…

    Balas
  • 50. aditya  |  Oktober 11, 2012 pukul 6:49 am

    Bisa dishare ke sy pak excelnya makasi….

    saya kirim via email ya..

    Balas
  • 51. supriatna  |  Oktober 11, 2012 pukul 11:41 pm

    pa, saya baru mau mengajukan kredit di bank mandiri kebetulan promo 6,75% per tahun dihitung dari pinjaman sy 180 juta lumayan juga tuh cicilannya kecil bgt, terus sy nanya kalau setelah masa promosi berakhir, berapa cicilan yang akan saya bayarka, tetapi pihak bank tidak memberikan gambaran yang jelas, mereka berdalih bahwa akan naik dari masa promosi cicilan 2 juta akan naik setelah masa promosi kurang lebih 2,3 juta apa betul pa, maaf saya baru mulai untuk mencoba meminjam uang di bank mandiri jadi saya harus tau bener untung ruginya, sekian dan terima kasih…supriatna-gorontalo. tQ

    Bunga bank memang kecil di awal, tapi besar setelah promo berakhir. Pengalaman saya sih.. Siap-siap saja terkaget-kaget begitu melihat cicilan setelah selesai promosi. Entah dinaikkan 4%, 3%,… Setelah dinego turunnya 1-2% dan Bank tetap mendapatkan 1-2%…

    Balas
  • 52. iim  |  Oktober 12, 2012 pukul 12:32 pm

    Info yg inspiratif. Sy jg kena kasus yg sama di bank pemerintah. Pdhl suka bunga BI lg turun tp bunga kpr sy dinaikan setelah setaun berjalan.boleh dishare pak surat permohonan suku bunga dan format excelnya. Thanks b4…

    Sudah saya kirim via email…

    Balas
    • 53. iim  |  Oktober 19, 2012 pukul 8:59 am

      thanks pak…imelnya sudah diterima…:-)

  • 54. suprayetno  |  Oktober 12, 2012 pukul 10:35 pm

    pak bisa aya minta formula excel nya thx

    Sudah saya kirim via email

    Balas
  • 55. deris  |  Oktober 13, 2012 pukul 1:45 pm

    Nice Info, boleh sy dikirimi juga Pak
    Thnks

    Sudah saya kirim via email

    Balas
  • 56. tyas  |  Oktober 16, 2012 pukul 5:20 am

    pagi pak,selama ini sy tdk trlalu perhatian dg angsuran kpr.kaget jg setelah tau info ini.boleh sy minta perhitungannya.tq

    Sudah saya kirim via email

    Balas
  • 57. paur  |  Oktober 16, 2012 pukul 4:23 pm

    pak,,,,,,minta juga dong furmulany…saya juga ada kredit dimandiri dan ada rencana untuk pelunasan sebagian……

    Sudah saya kirim via email

    Balas
  • 58. eko  |  Oktober 16, 2012 pukul 4:33 pm

    bisa minta formula exelnya pak…

    Sudah saya kirim via email

    Balas
  • 59. Hendri  |  Oktober 18, 2012 pukul 5:41 pm

    Bisa dishare ke sy pak excelnya makasi….

    Sudah saya kirim via email

    Balas
  • 60. sari  |  Oktober 19, 2012 pukul 7:45 pm

    Saya baru mau ngajuin take over kpr ke bank mandiri, mohon untuk dikirimkan file excell cara pelunasan cepatnya pak, trimakasih banyak :)

    Sudah saya kirim via email

    Balas
  • 61. rame  |  Oktober 20, 2012 pukul 3:29 pm

    Informasinya sangat bermanfaat, mohon sharing pelunasan cepatnya bsa dkirim ke email : rame.priyanto@gmail.com, terima kasih banyak.

    Sudah saya kirim via email

    Balas
  • 62. agoes wibisono  |  Oktober 22, 2012 pukul 10:53 pm

    Pak, bisa minta tolong file excelnya dikirim lwt email ..baru ngerti kalo nanti cicilan bakal naik sebegitu besarnya…makasih atas pencerahannya

    Sudah saya kirim via email

    Balas
  • 63. Abqanny  |  Oktober 24, 2012 pukul 1:52 pm

    Mohon perhitungan exelnya bisa dikirimkan…karena masalah saya sama dengan masalah teman-teman sebelumnya,..terimakasih

    Sudah saya kirim via email

    Balas
  • 64. budi.santos83@gmail.com  |  Oktober 24, 2012 pukul 9:44 pm

    makasih infonya,
    bisa minta file excelnya…
    budi.santos83@gmail.com
    makasih

    Sudah saya kirim via email

    Balas
  • 65. Sari  |  Oktober 25, 2012 pukul 3:12 pm

    Untuk perhitungan pelunasannya apakah sama/beda ya tiap bank. Saya KPR di CIMB Niaga. Namun jika tidak merepotkan, mohon dikirimkan file excelnya Pak, semoga bisa menjadi gambaran buat saya. Karena tahun depan rencana mau melunasi KPR. Terima Kasih.

    Sudah saya kirim via email…

    Balas
  • 66. waskito adi  |  Oktober 26, 2012 pukul 12:24 am

    Sangat bermanfaat postingnya. Saya juga menggunakan KPR mandiri, jangka 10 th dan sudah hampir 3 tahun tetapi pokok KPR masih segitu aja (berkurang sedikit). Pak bisa minta file excellnya,..terima kasih (waskito.adi83@gmail.com)

    Sudah saya kirim via email

    Balas
  • 67. Majid  |  Oktober 28, 2012 pukul 5:03 pm

    bisa mita file exelnya pak??

    Sudah saya kirim via email

    Balas
  • 68. sri  |  Oktober 29, 2012 pukul 1:19 pm

    pak,,,,,,minta juga dong furmulany…saya juga ada kredit dimandiri dan ada rencana untuk pelunasan sebagian……tks

    Sudah saya kirim via email

    Balas
  • 69. Guguh  |  Oktober 30, 2012 pukul 5:49 am

    Pak, bisa saya dikirimin juga surat permohonannya dan file excelnya?

    terima kasih

    Sudah saya kirim via email..

    Balas
  • 70. Dhani S  |  Oktober 30, 2012 pukul 2:32 pm

    Saya berencana untuk melakukan pelunasan seluruhnya.
    Bagaimana perhitungannya.
    Mohon dikirim formula excel-nya.
    Terima kasih.

    Sudah saya kirim via email..

    Balas
  • 71. Firman  |  November 1, 2012 pukul 12:20 pm

    Terima kasih banyak pak tulisannya, saya juga sangat sulit untuk menghubungi lewat telp untuk bertanya sisa pinjaman saya.
    Jika langsung datang apakah kita bisa mendapatkan jumlah nominalnya dan mengisinya langsung dalam form pelunasan pak? Apa prosesnya bisa selesai dalam sekali pertemuan dan berikutnya tinggal bertemu lagi untuk mengambil dokumen/surat2 rumah, jika ingin melakukan pelunasan seluruhnya?

    Jika berkenan tolong tanggapan berdssarkan pengalaman Bapak ya dan juga file excelnya, terima kasih banyak pak.

    Tergantung Banknya juga, Pak. Untuk Mandiri, bisa langsung datang ke Bank tempat akad atau bagian consumer loans dan langsung melakukan pelunasan. Sistem yang ada di Mandiri sudah terkomputerisasi sehingga pengecekan jumlah yang harus dilunasi bisa langsung diketahui begitu Pak Firman datang ke Bank. Saya biasanya langsung datang ke consumer loans Mandiri di Plaza Bapindo lantai 2. Alhamdulillah sudah lunas total tahun ini.

    Balas
    • 72. Firman  |  November 12, 2012 pukul 7:00 pm

      Terima kasih banyak tanggapannya Pak Tri, saya akan jalankan saran Bapak.

      Syukron untuk file excelnya, jazakullah khairaan..

  • 73. Tony  |  November 1, 2012 pukul 12:22 pm

    Pak mohon di share formula Excelnya, makasih banyak.

    Sudah saya kirim via email

    Balas
  • 74. helmi  |  November 5, 2012 pukul 3:24 pm

    pak bisa minta tolong jga file exelnya dikirimkan jga lwat email,,
    saya jga ada rencana mau ambil kpr mandiri,,thank sebelumnya

    Saya kirim via email

    Balas
  • 75. irma  |  November 5, 2012 pukul 3:25 pm

    Bagus sekali infonya Pak… Kebetulan juga ini tahun pertama saya ambil KPR…bisa minta dikirim Pak Formula Excelnya…thanx

    Saya kirim via email

    Balas
  • 76. hawa  |  November 6, 2012 pukul 2:34 pm

    Pak saya sangat tertarik dengan postingan bapak dan desperately ingin tahu cara perhitungan di excel nya. krn hutang saya stuck ga berkurang2 padahal cicilannya lumayan besar. makasih banyak sebelumnya. Lalu bagaimana dengan asuransi jiwa yg pakai dua akun, suami dan istri, jika kita melunasi. apakah dapat kita pegang sendiri jika suatu hari nanti akan diklaim?

    Sudah saya kirim via email. Untuk asuransi jiwa akan langsung ditutup jika sudah dilunasi.

    Balas
  • 77. Ferdian Indrayana  |  November 9, 2012 pukul 2:58 pm

    Pak …aku minta dikirimin excel-nya juga ya
    maaf merepotkan … terima kasih

    Sudah saya kirim

    Balas
  • 78. Retina  |  November 11, 2012 pukul 9:46 pm

    Sangat bermanfaat pak… Bolehkan saya minta dikirimi file excelnya? Karena saya juga sdg ambil KPR di Mandiri, terima kasih.

    Sudah saya kirim

    Balas
  • 79. ikhsan  |  November 15, 2012 pukul 6:51 pm

    selamat malam pak..
    Info yg sngt brmanfaat pak..saat ini saya jg sdng dlm program kpr mandiri jg..bunga stelah promo lngsung besar..mhn dshare pak bgaimana cr nego bunga tsb n jg mhn dkirimkan file excel perhitungan hutang tsb pak..
    Terima kasih atas infonya pak..

    Sudah saya kirim via email. Nego seperti biasa saja, Pak. Buat perbandingan dengan SBI, Suku Bunga Dasar Kredit, dll. Tanyakan kenapa jauh sekali perbedannya….

    Balas
  • 80. yodie  |  November 15, 2012 pukul 8:10 pm

    Bisa dikirim file excelnya pak? Sya kebetulan akan akad kredit, umum ya akad kredit di tempat notarisnya bukan di banknya?

    Biasanya di bank. Kalau di notaris itu penandatanganan sertifikat, dll sebelum berangkat ke Bank…

    Balas
  • 81. sari  |  November 18, 2012 pukul 7:05 pm

    sebelumnya terimakasih untuk tips dan infonya. Pak bisa minta tolong dikirimkan formula Excel.sekali lagi terimakasih.

    Sudah saya kirim via email.. Semoga mudah dimengerti simulasinya…

    Balas
  • 82. Leo  |  November 19, 2012 pukul 12:08 pm

    Info yang sangat bagus, minta tlg dong dikirimin file excelnya. Trims

    Sudah saya kirim via email. Semoga mudah dimengerti…

    Balas
  • 83. noercholis  |  November 20, 2012 pukul 2:48 pm

    Tolong dikirimkan jg file excelnya Pak ke
    cholic_punya@yahoo.com
    Thanks before

    Sudah saya kirim via email…

    Balas
  • 84. agung  |  November 21, 2012 pukul 4:06 pm

    Nice artikel :)
    bisa minta dikirim file excelnya pak
    mau mencoba untuk melunasi kpr secepatnya
    Mksh

    Sudah saya kirim via email

    Balas
  • 85. Wegi  |  November 21, 2012 pukul 9:13 pm

    Saya dapet info, bunga KPR setelah masa promo di kisaran 12 % – 13 % ; ga lebih. Tp entahlah karena saya baru mau KPR di Bank Mandiri. Boleh dikirim formula excelnya Pa beserta penjelasannya. Terima Kasih sebelumnya.

    Sudah saya kirim via email. Sekarang bunga bank semakin kecil. Jadi bisa saja kenaikan mencapai 12-13% setelah masa promo. Yang saya alami beberapa tahun yang lalu adalah kenaikan di atas 13% dari 9.9% fixed 3 tahun. Naiknya cukup signifikan dan saya menyampaikan complain.

    Balas
  • 86. Hesti  |  November 22, 2012 pukul 11:11 am

    oo gitu ya, sy pengen melunasi KPR saya di Mandiri karena mau over kredit. Menurut bapak, mendingan lunasi KPR trus ambil mandiri lg atau cari bank lain? Katanya, kalau lunas trus ambil lg lebih mudah. Boleh minta share excel pak, untuk perbandingan, biar belum terlambat untuk memutuskan. thanks.

    Wah sebaiknya jangan ambil kredit lagi. Sayang uangnya…

    Balas
  • 87. amanda  |  November 22, 2012 pukul 12:55 pm

    Pak..informasinya sangat bermanfaat. Kalau boleh saya minta excel file nya. Beberapa kali saya minta simulasi pelunasan bertahap ini ke bank susah sekali. Terima kasih sebleumnya

    Memang sebaiknya dihitung sendiri.. Kalau ada perhitungan simulasi pelunasan bertahap, nanti banyak pelunasan terjadi… Saya kirim via email ya…

    Balas
  • 88. fadjar  |  November 23, 2012 pukul 1:41 pm

    Sangat menginspirasi tulisannya Pak.
    KPR Mandiri saya Nov 2012 ini cicilan ke 13 tetapi nilai yg didebet di tabungan masih sama dengan tahun pertama dimana bunga fixed 8,8%. Darimana saya bisa tahu berapa bunga yg diberlakukan saat ini dan berapa cicilannya Pak?. Dan apakah pelunasan sebagian bisa dilakukan kapan saja?
    Matur nuwun tanggapannya dan Alhamdulillah untuk excelnya. ;)

    Kalau cicilannya masih sama dengan bulan sebelumnya, berarti masih sama bunganya. Perubahannya dapat dikenali ketika ada perbedaan. Seingat saya, skema fixed 3 tahun diberlakukan saat itu dan pada saat cicilan ke-37 cicilan masih tetap. Beberapa bulan kemudian cicilan naik. Lalu saya complain karena bunganya naik. Akhirnya saya coba hitung komposisi pokok dan bunga untuk kredit tersebut dan simulasinya jika ada perubahan bunga.

    Balas
    • 89. denny agus  |  Februari 17, 2013 pukul 4:22 pm

      makasih pak utk sharenya krn saya jg mw melunasi sisa kredit sy. tolong dikirimkan cara perhitungan excelnya ya pak?

  • 90. Khoirun Nidak  |  November 25, 2012 pukul 6:15 am

    Mohon pencerahannya Pak, kalo pinjam dengan sistem bunga flat apakah juga harus membayar seluruh bunga (misalkan jangka waktu 10 tahun tetapi akan dilunasi pada tahun ke-3), ini kami berencana mau ambil KPR tapi masih mengkalkulasi segala sesuatunya. Mohon juga di share file excelnya pak. Trimakasih.

    Kalau sudah menggunakan sistem bunga flat, berarti pokok dan hutang sejak awal hingga akhir akan tetap sama. Komposisinya tidak berubah. Jika dilakukan pembayaran, perhitungannya adalah pokok dikali sisa periode pembayaran. Kalau dibayar lunas pada saat tiga tahun, bagus banget. Kenapa? Karena pokok hutang yang sudah terbayar pada tahun ketiga pada sistem bunga flat jauh lebih besar dibanding pokok hutang yang terbayar pada sistem bunga efektif.

    Saya sudah kirim perhitungan untuk sistem bunga efektif. Bandingkan dengan sistem bunga flat. Bisa dicoba sendiri dengan perhitungan Mbak.

    Balas
  • 91. wahyu  |  November 26, 2012 pukul 5:31 pm

    wah… hampir saja mau pake kpr. terima kasih atas infonya menyelamatkan saya….mohon excelnya..

    Sudah saya kirim via email. Sebagai pertimbangan…

    Balas
  • 92. niken  |  November 27, 2012 pukul 4:32 pm

    Pak, terimakasih atas sharingnya . Waduh, kepala ku jadi mumet . Soalnya baru ambil kpr . Maklum , mau beli kontan blm bisa . Pak, minta tolong info excels. Sebelumnya, trimakasih atas bantuannya pak.

    Kadang susah mengekang keinginan saat pengen beli rumah. Selain itu, harga rumah juga semakin hari semakin mahal dan kadang tidak masuk akal. Suka terpikir juga, bisa beli rumah atau tidak ya kalau tidak kredit… Sudah saya kirim ya. Semoga membantu..

    Balas
  • 93. anton  |  November 27, 2012 pukul 9:59 pm

    Tolong dikirimkan jg file excelnya Pak ke
    saputro.anton@gmail.com

    Thanks before

    Sudah dikirim ya…

    Balas
    • 94. wawan  |  Desember 20, 2012 pukul 2:30 am

      Bermanfaat sekali infonya pak, saya bisa juga ya dikirimin minta format excelnya,
      Terimakasih

      Sudah saya kirim ya…

  • 95. Yan Suharyanto  |  November 29, 2012 pukul 2:46 pm

    Pak, mohon dishare formula excelnya. Terimakasih.

    Sudah saya share ya…

    Balas
  • 96. ica  |  November 29, 2012 pukul 11:37 pm

    Pak,saya rencana akan ambil over kredit rmh yg sisa cicilan masih 12th lagi. Kasus pemilik rmh tsb sama spt bpk kaget krn bunga bank melonjak tinggi after promo fix berakhir. Tapi saya bertekat tetap akan take over cicilan org tsb dan akan melunasi dgn bank secara bertahap seperti cara yg bpk lakukan. Mohon dbantu utk kirim excel file-nya sbg ilustrasi utk saya.trimakasih.

    Mantap nih semangatnya. Sudah saya share ya..

    Balas
  • 97. faruk  |  November 30, 2012 pukul 2:58 pm

    Pak..informasinya sangat bermanfaat. Saya memang berenacan utk mengajukan KPR, sdh lama saya coba cari ilustrasi di internet dan baru sekarang ada info yg mencerahkan. Kalau boleh saya minta excel file nya. Terima kasih atas kesediaan Bapak.

    Sudah saya share ya.. Semoga bermanfaat…

    Balas
  • 98. Agus Tyo  |  Desember 2, 2012 pukul 8:39 pm

    Bisa minta tolong dikirim kan file perhitungan excelnya ke agus@fajarbenua.co.id, kebetulan saya ada rencana melunasi sisa KPR saya.

    Terima kasih

    Sudah saya share ya… Terlampir…

    Balas
  • 99. avis  |  Desember 3, 2012 pukul 10:19 am

    makasi infonya pak. bisa dikirim formula excelnya? makasi kembali pak

    Sudah saya share.. Terlampir filenya..

    Balas
  • 100. welly wen  |  Desember 3, 2012 pukul 10:21 pm

    Pak, thanks atas sharingnya…. kalo boleh saya minta diemailkan file excelnya ke magoroku_kai@yahoo.com

    Thanks

    Sudah saya share… Thanks telah berkunjung..

    Balas
  • 101. eta  |  Desember 4, 2012 pukul 9:10 am

    pak, saya minta file excel nya juga pak… karena bunga yang floating ini mengurangi pendapatan sy sehingga mau saya lunasi bertahap mohon kirim

    Sudah saya kirim ya…

    Balas
  • 102. anita marvella  |  Desember 4, 2012 pukul 1:34 pm

    Pak, saat ini saya sedang mengajukan KPR melalui bank mandiri.
    mohon bantuan Bapak agar dapat mengirimkan kepada saya cara perhitungan apabila saya melakukan pelunasan lebih awal/pelunasan bertahan. Terima kasih ya Pak

    Sudah saya kirim ya…

    Balas
  • 103. anita  |  Desember 5, 2012 pukul 10:41 am

    Pak, saat ini saya sedang dlm proses pengajuan KPR di Bank Mandiri. Mohon bantuan Bapak agar dapat mengirimkan skema bila melakukan pelunasan bertahap/lebih cepat dr jangka waktu KPR yg saya ambil saat ini. Terima kasih untuk bantuan Bapak.

    Sudah saya kirim perhitungannya…

    Balas
  • 104. Anno  |  Desember 5, 2012 pukul 6:42 pm

    Pak tolong saya juga minta formula excel Nya ke volksqee@yahoo.com…..thanks

    Sudah saya kirim perhitungannya…

    Balas
  • 105. febe  |  Desember 6, 2012 pukul 3:58 pm

    Pak, tolong kirimin excelnya ya.

    thanks before

    Sudah saya kirim perhitungannya…

    Balas
  • 106. bobo  |  Desember 7, 2012 pukul 2:00 pm

    mohon dikirimkan juga perhitungan excel nya ke email saya pak : meiko_bobo@yahoo.com
    Terima kasih..

    Sudah saya kirim perhitungannya…

    Balas
  • 107. nita  |  Desember 9, 2012 pukul 2:29 pm

    infonya menarik jg pa.
    kalau tidak keberatan sy jg mau
    minta dikirimin file excelnya. tks

    Sudah saya kirim perhitungannya…

    Balas
  • 108. triya  |  Desember 11, 2012 pukul 5:35 pm

    Saya juga ada rencana untuk kpr di mandiri, mohon di share ya pak iexcelnya. thanks

    Sudah saya kirim perhitungannya…

    Balas
  • 109. Putut  |  Desember 16, 2012 pukul 12:12 am

    Pak,minta formula excelnya.thanks bnyak.sya dah 5th kpr mandiri

    Sudah saya kirim..

    Balas
  • 110. putut  |  Desember 16, 2012 pukul 9:02 am

    pak,sya boleh mnt formula excelnya?blm trlmbatkan pak.thanks

    Balas
  • 111. putut  |  Desember 16, 2012 pukul 9:28 am

    ko sya kirim ga sampe2.mohon formula excelny pak ke red_barca@rocketmail.com trims banyak2

    Sudah saya kirim. Sori, kerjaan lagi numpuk…

    Balas
  • 112. rini  |  Desember 18, 2012 pukul 10:26 am

    informasinya bermanfaat pak ,minta tolong kirimkan file excelnya pak ke rirejaico@yahoo.com .. terimakasih banyak pak ..

    Sudah saya kirim ya…

    Balas
  • 113. rully  |  Desember 19, 2012 pukul 9:22 am

    wah bapak udah selamat dari neraka kapitalisme….
    sayah juga pusing ngeliat KPR sayah yang udah jalan 4tahun dari 10 tahun tapi sisa pokok hutang masih ajah besar.
    nah saya rencana maw melunasi sebagian2 kalo ada rejeki, untuk pelunasan sebagian begitu apakah ada aturannya ya pak? dengar2 minimal 10% dari sisa pokok. dan klo sudah dilunasi sebagian apakah perhitungannya berubah?
    boleh minta file excel perhitungan ulang KPR nya pak?
    makasih banyak

    Biasanya memang sekitar 10% dari pokok, tapi tergantung perjanjian juga. Selamat berjuang deh untuk keluar dari hutang ke bank karena bunganya memang benar-benar luar biasa…

    Balas
  • 114. Candra  |  Desember 30, 2012 pukul 8:04 am

    Saya punya KPR di Bank BNI dengan bunga 13%, ingin take over ke Mandiri. Bagaimana caranya? Berapa Biaya Take Over?Berapa hitungan bunga sekarang jika jangka waktu hutangnya 15 tahun dan bagaimana mekanisme pelunasan sebagian. Trims

    Untuk take over saya kurang paham caranya. Mungkin bisa ditanyakan ke customer service Mandiri. Demikian juga dengan biaya take over.

    Untuk hutang bisa dilihat pada file yang saya kirim dengan posisi hutang pokok dan bunga per bulan. Jika dilunasi juga bisa dilihat pada file tersebut. Mungkin bisa dimasukkan angka yang dikehendaki pada file tersebut. Thanks.

    Balas
  • 115. isa  |  Januari 3, 2013 pukul 11:43 pm

    Pak, bisa minta formula excel nya?
    thanks,

    Sudah saya kirim ya…

    Balas
  • 116. heru susanto  |  Januari 5, 2013 pukul 12:09 am

    mohon share file excelnya ke herrozy83@yahoo.co.id juga ya pak.

    terima kasih

    heru

    Sudah saya kirim..

    Balas
  • 117. Hendra  |  Januari 5, 2013 pukul 10:35 am

    Dear pak,
    Boleh dishare via email cara nego/minta pengurangan bunga bank-nya?sekalian formula excelnya.
    Casenya sama dgn yg sy alami, cicilan kprnya mencekik setelah lewat masa promo.
    Terima kasih sebelumnya.

    Sudah saya kirim..

    Balas
  • 118. susi  |  Januari 7, 2013 pukul 1:00 am

    pak, saya minta file nya dong…makasih banyak ya pak, soalnya lagi pusing bgt neh, pengen lunasin sebagian biar bunga yg dibayarkan ke bank makin kecil…

    Sudah dikirim ya…

    Balas
  • 119. rio  |  Januari 7, 2013 pukul 10:58 am

    pak formula pelunasan bertahap

    Sudah dikirim ya…

    Balas
  • 120. Alan  |  Januari 7, 2013 pukul 11:11 am

    Saya bisa untuk dishare juga file excell untuk perhitungan kalau dibayar sebagian dan dibayar seluruhnya?
    apakah ada biaya-biaya lainnya jika dibayar seluruhnya?

    Sudah dikirim ya.. Biaya lain adalah bunga per hari pada bulan pelunasan. Case ini berlaku jika pihak Bank tidak mengenakan penalty saat pelunasan sebagian atau seluruhnya.

    Balas
  • 121. Kris  |  Januari 7, 2013 pukul 4:10 pm

    Boleh minta excel kalkulasinya Pak, trimakasih banyak sebelumnya

    Sudah saya kirim ya…

    Balas
  • 122. arie  |  Januari 8, 2013 pukul 3:01 pm

    Boleh minta dikirim file excel perhitungannya pak?
    Trmksh…

    Sudah saya kirim ya…

    Balas
  • 123. Afandi  |  Januari 9, 2013 pukul 6:11 am

    bisa share format excelnya ksaya pak,krna saya berencana mengurangi pokok cicilan di mandiri

    Sudah saya kirim

    Balas
  • 124. mubin  |  Januari 9, 2013 pukul 9:19 am

    Boleh minta dikirim file excel perhitungannya pak?
    Trmksh…

    Sudah saya kirim

    Balas
    • 125. mubin  |  Januari 10, 2013 pukul 8:14 am

      mohon maaf pak bisa minta penjelasan terkait simulasi tsb saya kurang mengerti

    • 126. mubin  |  Januari 10, 2013 pukul 9:35 am

      jika saya ingin ikut pada sumilasi 60 bln misalnya maka berapa besaran pelunasan yang harus saya bayar jika KPR saya awalnya 190 juta

  • 127. bovi  |  Januari 9, 2013 pukul 1:55 pm

    pak , mohon diemail perhitungan untuk pelunasan kredit KPR dibawah 1 tahun, thanks

    Sudah saya kirim. Silahkan disimulasi untuk pelunasan di bawah 1 tahun

    Balas
  • 128. toni  |  Januari 10, 2013 pukul 9:30 am

    Tulisan bapak ini sangat menginspirasi saya untuk segera melunasi KPR Mandiri yg masih sia 7 th lg :'( Boleh minta dikirim excel perhitungannya pak. Semoga nanti banyak manfaat dan pahala. Tks.

    Sudah saya kirim…

    Balas
    • 129. sandhy  |  Januari 12, 2013 pukul 4:00 pm

      Alhamdulillah lagi cari2 info kenaikan suku bunga KPR mandiri, krn setelah 1 thn jalan kok tiba2 naek banyak banget dari 3,3 jtan jadi 4 jtan gakira2 naiknya.. Boleh share excelnya Pak pgn cpt2 dilunasin atau nego suku bunga ini…maknyus banget bungannya, terimakasih ya Pak

      Sudah saya kirim ya… Memang ketika bunga naik, maka komposisi Pokok dan Bunga juga turut berubah. Pokok mengecil dan Bunga membesar…

  • 130. willy  |  Januari 10, 2013 pukul 3:32 pm

    pak bisa minta file excelnya..?? kebetulan baru mau KPR nih…
    Tq ;-)

    Sudah saya kirim ya…

    Balas
  • 131. Rizky Eriandani  |  Januari 14, 2013 pukul 6:32 pm

    saya juga tolong di email ya pak.. karena saya juga kpr di bank mandiri. thx.

    Sudah saya kirim ya…

    Balas
  • 132. aris  |  Januari 15, 2013 pukul 6:51 am

    Terima kasih informasinya pak..
    Mohon dikirimkan simulasi perubahan kpr setelah masa promo habis.

    Sudah saya kirim ya…

    Balas
  • 133. Bagus  |  Januari 15, 2013 pukul 2:29 pm

    Tulisan bapak cukup membantu saya yang sedang menghadapi hal serupa saat ini,. Bunga fixed 8.5% untuk 2 tahun sudah habis, dan saya ingin mengajukan permohonan pengurangan bunga kedepannya.
    mohon dishare via email tips dan cara nego meminta pengurangan bunga kredit KPR mandirinya pak? serta formula excelnya juga jika berkenan.

    Terima kasih banyak sebelumnya atas sharingnya.

    Sudah saya kirim ya…

    Balas
  • 134. ufal  |  Januari 17, 2013 pukul 12:47 pm

    Boleh minta dikirim juga pak? Terima kasih

    Sudah saya kirim ya…

    Balas
  • 135. irviana  |  Januari 20, 2013 pukul 6:00 pm

    Pak, bisa dikirim juga file excel nya? Tks

    Sudah saya kirim ya…

    Balas
  • 136. Cyntia  |  Januari 20, 2013 pukul 8:49 pm

    Pak, saya sudah mencoba menyusun surat permohonan suku bunga, tetapi kurang yakin :) Bisa kirim milik Bapak via email? Terima kasih sebelumnya.

    Balas
  • 137. Yulianti  |  Januari 21, 2013 pukul 10:55 am

    saya juga sekarang lagi KPR di Bank Mandiri dan udah berjalan 2tahun, boleh dibantu juga pak, formula excelnya rencana saya mau persingkat masa kredit yg semula 15 tahun, terimakasih banyak

    Sudah saya kirim ya…

    Balas
  • 138. Ical  |  Januari 21, 2013 pukul 11:23 am

    Artikelnya sangat bermanfaat Pak..
    boleh minta share file formula excelnya dan cara nego dan tips untuk pengurangan bunga kredit.
    Terima kasih Pak sebelumnya

    Sudah saya kirim ya…

    Balas
  • 139. novi  |  Januari 21, 2013 pukul 11:51 am

    Pak kl sudah melakukan pelunasan apakah asuransi jiwanya kembali atw hilang. Sedangka tdk penah digunaakan. Saya mau dong di emailformula excelnya. Makasih untuk infonya

    Sudah saya kirim ya…

    Balas
  • 140. novie  |  Januari 21, 2013 pukul 11:54 am

    Pak kl sudah melakukan pelunasan apakah asuransi jiwanya kembali atw hilang. Sedangkan tdk penah digunaakan. Saya mau dong di emailformula excelnya. Makasih untuk infonya

    Sudah saya kirim ya…

    Balas
  • 141. arsi  |  Januari 25, 2013 pukul 3:07 pm

    Pak, pas banget saya nemu blog bapak, berencana mau take over aja nih saya.. tp masalahnya skrg saya sudah pindah tempat tinggal keluar kota. Kalau boleh saya minta tolong bapak kirim email formula excelnya ya pak. terima kasih banyak :)
    saluut seratusan lebih komen direspon oleh bapak, smoga jadi amal ya pak..

    Balas
  • 142. suhendri  |  Januari 30, 2013 pukul 5:31 pm

    Pak, bisa dikirim juga file excel nya? Thks…

    Balas
  • 143. Putu  |  Januari 31, 2013 pukul 9:11 pm

    Info yang bermanfaat pak, mohon kirim juga format excel nya terimakasih

    Balas
  • 144. Coboy  |  Februari 4, 2013 pukul 3:13 pm

    Pak, saya juga berminat untuk melunasi KPR Mandiri saya, boleh di-share file excel perhitungannya Pak, Makasih…

    Balas
  • 145. evi  |  Februari 6, 2013 pukul 4:08 pm

    pak kpr sy sdh brjaln 3 th dr 15 th,kpgn ngelunasin sbagain tp cuman 10 jt dari sisa 93 jt..aq tanya info di mandiri ktnya bs berkurang sekitar 2 th tp cicilan ttp sekitar 1,2 jt… menurut bpk gmn aq tahan dulu tuk nabung ( tp msh lama) atau aq lunasin sebagain..? klo boleh minta share emailnya .. makasih…

    Balas
  • 146. Nur  |  Februari 8, 2013 pukul 10:20 pm

    Saya bs dpt formulanya jg? :)

    Balas
  • 147. syam  |  Februari 11, 2013 pukul 12:34 pm

    boleh minta share file formula excelnya dan cara nego dan tips untuk pengurangan bunga kredit.
    Terima kasih Pak sebelumnya

    Balas
  • 148. diah  |  Februari 11, 2013 pukul 3:15 pm

    Pak, tks banget share nya..saya juga punya masalah yang sama.awalnya bunga kpr saya 9,..% setelah 1 tahun,ternyata jadi 13,..% waduh, tinggi banget..mulai berat nih kayanya..:( kpr saya bukan di mandiri,tapi mungkin prosedurnya sama,saya mau mengajukan nego bunga,mohon info bagaimana caranya ya Pak.Terima kasih sebelumnya.

    Balas
  • 149. Luluk  |  Februari 13, 2013 pukul 12:18 pm

    Artikelnya bagus bgt pak.. Kpr mandiri sy 4thn yg lalu bunga 13,5% fixed 1thn stlh itu floating.. Tp slama 4thn ini cicilan hanya turun 50rb,pdhl saat ini bunga kpr sktr 10%. Bisadi share formula excel dan cara nego turun bunga ke bank mandiri pak. Thx

    Balas
  • 150. Sopandi Tossin  |  Februari 13, 2013 pukul 3:00 pm

    Pak , saya sudah lunas KPR Mandiri sejak 3 tahun lalu. Mau tanya kalo ambil sertifikat dan surat lainnya dimana serta harus membawa bukti apa. terima kasih.

    Balas
  • 151. den Bagus'e junto (@juntoboy)  |  Februari 15, 2013 pukul 3:07 pm

    bisa di share file excelnya pak????

    Balas
  • 152. denny agus  |  Februari 17, 2013 pukul 4:24 pm

    tolong dikirimkan excelnya pak?

    Balas
  • 153. tety  |  Februari 18, 2013 pukul 12:00 pm

    Mohon bantuannya untuk kirim format excel perhitungan KPRnya

    Balas
  • 154. wina  |  Februari 18, 2013 pukul 5:08 pm

    pak saya mohon dishare jga excelnya ,saya juga masih 3 thun pertama pembayaran KPR ,rencana pengen melunasi juga …

    Balas
  • 155. aswita  |  Februari 19, 2013 pukul 12:07 am

    Sama dengan pengalaman yg bapak alami. Saya juga geregetan dengan bunga yg di bebankan bank mandiri.
    Klo boleh saya minta perhitungan dengan exelnya dan contoh surat untuk pengajuan penurunan bunga kpr
    Terimakasih buat info n share pengalamanya pak.
    Jadi pelajaran buat kami skeluarga.

    Balas
  • 156. syamsu  |  Februari 19, 2013 pukul 2:58 pm

    Pak, Ijin, mohon dikirim perhitungan excel dan contoh surat permohonan penurunan ke banknya….maturnuwun.

    Balas
  • 157. tina  |  Februari 21, 2013 pukul 10:48 am

    Informasi yang bermanfaat, saya juga sedang berencana take over KPR ke mandiri, hanya saja memang sulit menghubungi call centernya untuk cari2 info nya :(. Btw bisa tolong diemailkan pak formula excelnya. terimakasih

    Balas
  • 158. roni  |  Februari 21, 2013 pukul 5:11 pm

    pak, boleh minta formula excelnya…saya juga mau melunasi sebagian kpr mandiri saya..makasi

    Balas
  • 159. s3  |  Februari 21, 2013 pukul 11:11 pm

    pak bisa minta formula excelnya?

    Balas
  • 160. yuda  |  Februari 22, 2013 pukul 7:30 am

    pak mohon di kirimkan formula excelnya, soalnya saya juga kpr mandiri (yuda.arianto@yahoo.com)

    Balas
  • 161. s3  |  Februari 22, 2013 pukul 10:20 pm

    pak minta formulanya donk saya juga nasabah kpr mandiri

    Balas
  • 162. Andi  |  Maret 5, 2013 pukul 7:15 am

    Info yang sangat diharapkan, terima kasih sharingnya. Kalau boleh dishare formula excelnya ya pak. Terima kasih.

    Balas
  • 163. dika  |  Maret 16, 2013 pukul 7:19 pm

    Tolong dong Pak saya juga dikirm formula excelnya. saya Googling dan lihat artikel ini. bermanfaat. terima kasih.

    Balas
  • 164. yopi puar  |  Maret 19, 2013 pukul 8:17 pm

    bpk yg budiman tulisan ini sgt berguna bagi sy yg mau mengajukan permohonan kpr.. sy jg minta formula excelnya pak please

    Balas
  • 165. nugroho  |  Maret 21, 2013 pukul 5:53 pm

    Bapak, terimakasih untuk ulasan pengalamanya, kebetulan saya mengalami case yg sama.. Namun barangkali hanya beda bank saja. Mohon untuk bisa minta file excel beserta penjelasanya ke j.nugroho13@gmail.com suatu waktu saya pernah discus dgn pihak bank dan dianjurkan utk mengisi form keberatan thd suku bunga tsb. Namun untuk pengajuan penurunan suku bunga apakah kira2 efektif pak? Terus terang saya agak pesimis dgn kesempatan ini, mengingat klo itu memang bisa menurunkan bunga.. Kenapa setiap orang pengambil KPR tdk semua mengisi form tsb. terus terang sampai saat ini sy masih bingung untuk keputusan pelunasan sebagian ini, apakah menguntungkan scr signifikan thd kita, kemudian apakah baiknya kita mengurangi jangka waktu atau sisa hutang dgn jangka waktu tetap? •М̣̣̥̇̊ὰ̣̣̥̀́ĸ̀̀ά̲̣̥ș̀̀́ι̥ȋH̲̣̣̣̥• Sebelumnya bapak. Salam sukses.

    Balas
  • 166. ghaz  |  Maret 23, 2013 pukul 10:29 am

    bisa minta file excelnya pak..
    thks sebelumnya…

    Balas
  • 167. Indria  |  Maret 24, 2013 pukul 12:18 pm

    Nice artikel… saya minta share formula excelnya ya pak… tq b4…

    Balas
  • 168. ade novallia  |  Maret 25, 2013 pukul 3:18 pm

    saya mau donk diemailkan formula exelnya..

    Balas
  • 169. ners rini  |  Maret 30, 2013 pukul 2:20 pm

    Tolong dikirimkan juga p,tq

    Balas
  • 170. rio  |  April 8, 2013 pukul 1:13 pm

    Sy sudah menjalani beberapa kali tentang ini, menurut sy solusi takeover lebih menarik, walaupun musti siap2 menyiapkan biaya provisi, adm dan notaris (total max 2%), krn asuransi akan di netting.
    kalo ada selisih 3-4% per tahun (bisa 1-2th) antara promo bunga dan bunga berjalan. Jadi ada total selisih 1-6%..lumayan khan..
    Btw, solusi tidak melakukan pembiayaan melalui KPR, bukan opsi yang baik buat orang yang sudah mampu melakukan manajemen keuangan yang baik, krn secara teori bunga KPR adalah bunga pembiayaan paling rendah, dibandingkan pembiayaan yg lain (co, KTA, Gadai Emas, kredit SME, dll)

    boleh minta excel sheetnya? tks

    Balas
  • 171. imam maulana  |  April 8, 2013 pukul 3:29 pm

    pak boleh saya di kirimi file excel nya? KPR memang jlimet…

    Balas
  • 172. Angga  |  April 9, 2013 pukul 12:14 pm

    Terima kasih infonya sudah di share pak,kalau boleh saya juga minta dikirimi perhitungannya,kebetulan sdg mngambil kpr dgn jangka waktu yang sama. Terima kasih

    Balas
  • 173. ziiii  |  April 10, 2013 pukul 8:04 pm

    Pah tolong krim ya formula excelnya ke guna_oval@yahoo.com makasih karena Santai bermanfaat

    Balas
  • 174. Darwin Rudianto  |  April 13, 2013 pukul 2:02 am

    Ass Pak, kebetulan saya juga KPR di mandiri, boleh dikirim formula excelnya nya gak?

    Trims..

    Balas
  • 175. Heppy Sampoerna  |  April 16, 2013 pukul 10:35 am

    saya juga punya rencana untuk melunasi kpr mandiri,kalo nggak keberatan boleh share formula excel nya ..thanks before

    Balas
  • 176. Otnial Senantiasa Membangun  |  April 17, 2013 pukul 1:22 pm

    saya juga mohon dikirim formula excelnya pak….lagi pusing mikirin kpr yang tiap tahun naek. tks

    Balas
  • 177. ian  |  April 21, 2013 pukul 1:10 pm

    wah, baru tahu saya. . . boleh minta dkirim juga pak formula excelnya :)

    Balas
  • 178. amik  |  April 22, 2013 pukul 1:36 pm

    bisa di bantu pak formula excelnya saya juga mau kpr di mandiri untuk mempersingkat masa kredit? thanks

    Balas
  • 179. Siddik  |  April 23, 2013 pukul 10:25 am

    Pak saya juga rencana mau melunasi hutang kpr mandiri saya, bisa bantuan kirim formula excel nya. terima kasih banyak atas share yang sangat bermanfaat

    Balas
  • 180. Tri Drian  |  April 25, 2013 pukul 5:46 pm

    Berhubung banyak banget yang comment. Saya taruh saja link download simulasinya. Silahkan di-download…

    Balas
    • 181. archie  |  Juni 17, 2013 pukul 3:26 pm

      pak cara menghitungnya bagaimana? saya kok bingung..rencana saya mau melakukan pelunasan sebagian sebanyak 100 juta. pokok hutang saya 250 juta.. bagaimana pak baiknya? mohon sekali bantuannya.

      Pada tabel bisa dimasukkan sisa hutang di row yang pertama, sedangkan bunganya juga bisa diubah-ubah… Mungkin tidak sama persis, tapi mendekati angka sebenarnya.

  • 182. ferdhy  |  Juni 23, 2013 pukul 6:17 pm

    keren banget ni info

    Balas
  • 183. Yuliza  |  Juli 8, 2013 pukul 3:53 pm

    Pak bs mnt tlg bagaimana caranya pengajuan pengurangan bunga kpr mandiri karena terus terang besar jg bunganya dr pd saat masa promo.bs mnt tlg bgmana caranya dan pengirimannya kemana ya pak? Trm ksh byk sblmnya

    Sudah saya kirim via email..

    Balas
  • 184. arianto  |  Juli 12, 2013 pukul 11:33 am

    Salam kenal Pak,setelah meliat web ini,ini web yang menceritakan pengalaman yang banyak dihadapi orang,gak cuma teori.Saya juga barusan ambil KPR mandiri dan mendapat promo 2 tahun,juga bersiap2 untuk masa promo bunganya habis,ada rencana saya meminta penurunan bunga KPR dan juga meminta form excel pelunasan bertahapnya kepada bapak,Terima kasih Pak,website yang bagus ini telah dibookmark:)

    Sudah saya kirim ya via email..

    Balas
  • 185. Aswin Ariyanto  |  Juli 15, 2013 pukul 2:48 am

    Salam hangat Pak, saya berniat mengambil KPR juga di Mandiri, Mohon kiranya perhitungan perhitungan excelnya dapat di share ke email saya, aswin.oz@gmail.com. Salam

    Balas
  • 186. lidya  |  Juli 25, 2013 pukul 8:13 pm

    harusnya bapak bias pakai fasilitas penurunan bunga retensi yang bias mencapai 7,5 %., karena sudah lebih dari 2 tahun.., tapi hanya fixed selama 2 tahun, fasiltas bunga retensi bisa digunakan 2 kali selama masa kredit untu 10 thn dan 15 thn..,

    Saya berpikir untuk pelunasan saja deh biar hutangnya kurang. Kalau retensi itu berarti perpanjangan hutang lagi ya? Berarti setahun tambah lagi dunk yang dipotong bank?

    Balas
  • 187. roni  |  Juli 31, 2013 pukul 7:54 am

    mohon dikirimkan format excelnya pak..saya juga berencana mau melunasi sisa angsuran di mandiri..terima kasih

    Balas
  • 188. fauzee  |  Agustus 20, 2013 pukul 2:58 pm

    Beruntung saya menemukan blog ini, pngalaman saya hampir serupa dengan bapak. Saya jadi tertarik menempuh jalan yang telah bpk lakukan. Mohon share file excelnya ya pak

    Balas
  • 189. hernawati  |  Agustus 22, 2013 pukul 3:05 pm

    pak, mohon di kirimkan format excel ny dunks

    Ada di halaman ini kok link-nya…

    Balas
  • 190. yanny  |  Agustus 25, 2013 pukul 12:27 pm

    Pak, Mohon info cara permohonan pengurangan bunga KPR Mandiri, dan berapa lama diresponnya?
    Terima kasih Pak

    Via email saja Bu. Cepat kok dibalasnya. Jangan lupa masukkan scan KTP-nya.

    Balas
  • 191. sari  |  September 3, 2013 pukul 1:11 am

    pak bisa di bantu kirim excelnya, trims banyak membantu

    Balas
  • 192. Guntur  |  September 12, 2013 pukul 10:28 am

    Pak, artikel yang sangat mencerahkan buat kami yang awam perbankan. Bisakah saya dikirimkan ilustrasinya (format excell)? dikluh@yahoo.com

    Terima kasih pak

    bisa langsung di-download di blog ini… ada tautan link-nya kok…

    Balas
  • 193. rere  |  September 23, 2013 pukul 9:29 am

    Sama saya dulu desember 2007 dapat bunga promo 9,9% 3 tahun itu juga. dan karena pas tahun ke 4 ngerasain kenaikan yang lumayan (bagi sy pribadi), akhirnya, januari 2012 sy putuskan percepatan pelunasan. Caranya cukup mudah, tidak berbelit, dan seminggu/2 minggu kmudian (lupa), sy sudah mendapatkan dokumen rumah saya komplet, beserta surat2 pendukung dari Mandiri untuk pengurusan ROYA ke BPN.

    Balas
  • 194. ahsanudin  |  September 30, 2013 pukul 11:45 pm

    Salam kenal,
    Saya juga berniat melunasi seluruh KPR Mandiri nya. Karena saya berada di Cilegon, saya mencari info ke Cab. Mandiri Cilegon, mereka bilang kalau pendebetan bisa di lakukan di Cilegon. Proses pendebetan di lakukan 3 hari setelah semua persyaratan masuk. Tapi untuk pengambilan document tetap d lakukan d Plaza Bapindo lt. 2.
    Saya ingin ketika saya datang ke Bapindo document sudah siap
    d bawa. Tp yang jadi masalah ketika saya ingin membuat janji kapan dokumen bisa dan saya mencoba menghubungi berkali tetapi tidah ada jawaban.
    Apa bapak punya PIC dan nomor tlpn bagian pelunasan tersebut, jika ada bisa di share ke saya pak?
    Terimakasih.

    Kalau menggunakan telepon, memang susah sekali. Saya langsung datang saja ke kantornya sehingga cukup dua kali datang saja. Yang pertama untuk pelunasan dan yang kedua untuk pengambilan dokumen. Pengambilan dokumen pun langsung dikasih appointment untuk ambil tanggal sekian di Bapinda. Seharusnya minta ke Cilegon untuk arrange pengambilan dokumennya.. Mungkin bisa dicoba dulu.

    Balas
  • 195. kristiana  |  Oktober 1, 2013 pukul 9:28 am

    pak kebetulan sy mau melunasi sebagian mohon dishare hitungan excelnya ya….ke kristiana2704@yahoo.com

    Balas
  • 196. Doddi  |  Oktober 2, 2013 pukul 1:38 pm

    Mohon info tambahan pak,
    Setelah pelunasan kpr, apakah asuransi jiwa nya kembali?
    Tks

    Asuransi jiwanya tidak dikembalikan. Harusnya kembali ya?

    Balas
  • 197. rini  |  Oktober 4, 2013 pukul 8:56 am

    Sebenarnya lebih menguntungkan mana ya…mengurangi cicilan atau mengurangi jangka waktu?

    Kalau kemampuan untuk membayar cicilan masih sama, mengurangi jangka waktu jelas mengurangi jumlah total bunga yang harus dibayar (periode perjanjian kredit pertama).

    Balas
  • 198. Rahmat Robby  |  Desember 1, 2013 pukul 11:36 pm

    Salam kenal, thaks informasinya. Tahun depan saya ada rencana untuk mengambil KPR Mandiri, dan sebagai bahan pertimbangan mohon d share formula excelnya.

    Thanks

    Sudah ada di postingan

    Balas
  • 199. irfan  |  Desember 14, 2013 pukul 2:33 pm

    Pak..informasinya sangat bermanfaat. Kalau boleh saya minta excel file nya. Beberapa kali saya minta simulasi pelunasan bertahap ini ke bank susah sekali. Terima kasih sebelumnya

    Iya, memang harus dihitung sendiri. Sudah ada di postingan…

    Balas
  • 200. Chandra Mulia Perkasa  |  Desember 17, 2013 pukul 7:57 am

    Saya minta saran nya pak, untuk opsi pertama pembayaran dengan cicilan tetap dan jangka waktu berubah atau opsi kedua cicilan berubah dengan jangka waktu pelunasan tetap (tidak berubah). secara jumlah nominal lebih baik pilihan nya opsi mana pak?
    Thx

    Sebenarnya kalau Bank sudah memberi opsi seperti itu, biasanya beda tipis untungnya karena mereka sudah menghitung secara seksama. Tinggal dari pihak nasabahnya, ingin seperti apa? Apakah ingin cicilan lebih ringan atau cicilan cepat selesai.

    Kalau saya prefer cicilan cepat selesai karena repot punya cicilan berbunga…

    Balas
  • 201. pujiyanto  |  Januari 7, 2014 pukul 5:39 pm

    pak bisa minta form exelenya untuk simulasi?

    Sudah ada di postingan-nya

    Balas

Tinggalkan Balasan

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Klik !!

  • 103,071 hits

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

