My first impression on my first overseas training

Sepertinya nyaman untuk bekerja di Hangzhou. Tidak bising seperti Jakarta, Cikarang, Bekasi, atau kota-kota besar lainnya di Jakarta. View indah, jalanan bersih dari sampah, ruas jalan besar, pedestrian road lebar, tidak ada pedagang kaki lima, tidak macet. Apalagi ya yang kurang dari kota ini. Saya kira suasana ini hanya ada di daerah kota saja. Ternyata anggapan ini keliru karena hampir seluruh penjuru kota memiliki view yang sama (setelah traveling all days in a week). Hangzhou oh Hangzhou…

Bulan Maret adalah pertanda masuknya musim semi ketika bunga-bunga akan bermekaran. Walaupun sekarang yang tampak adalah pohon-pohon tanpa daun dan bunga, seperti kekeringan. Jarang lihat pemandangan seperti ini.

Dengan udara dingin yang menyelimuti kota Hangzhou, rata-rata setiap orang mengenakan jaket dan sepatu untuk melawan dingin yang menusuk.

Ada satu view yang cukup aneh di Hangzhou. Kendaraan roda dua yang digunakan adalah sepeda atau motor listrik. Tidak ada yang menggunakan motor bensin sehingga tidak ada polusi suara dari motor. Motor bensin hanya digunakan polisi.

Jalan di waktu malam bagi wanita pun bukanlah hal tabu di sini. Mereka berjalan seakan tidak ada bahaya yang mengancam mereka. It is very strange to me

Banyak tempat wisata dan souvenir dapat ditemukan di Hangzhou. West Lake, Fanggu Street, China Silk Town (Xinhua), Zoo, Plum Blossom, dan masih banyak lagi. Tidak rugi jalan-jalan setiap malam di Hangzhou.

Mungkin sisi buruk Hangzhou dapat dilihat pada cara mengemudi mobil. Rata-rata ugal-ugalan dan tidak menentu. Padahal setahu saya, untuk mendapatkan driving license (SIM) di China itu tidak mudah. Butuh waktu dan test yang sulit. Mungkin driver di China rata-rata mahir, makanya mereka bisa dengan mudah mengendalikan mobil. Cieee…

Kadang untuk naik taxi di Hangzhou agak merepotkan jika calon penumpang cukup banyak. Bisa saja orang lain merebut taxi yang sudah kita stop. Jadi ingat Indonesia.

Ada sisi kelam kota Hangzhou sih, tapi biarlah terkubur dalam kegelapan malam…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s