Hangzhou Training Again ?!

Cihuiii… Business trip lagi ke Hangzhou. Sepertinya untuk ikut meramaikan training GEPON. Banjir training nih tahun ini. Belum kering cerita tentang Hangzhou di bulan Maret, sudah dijanjikan akan dapat training lagi. Tumben perusahaan ini royal banget untuk masalah training. Sayang lokasi training masih belum pindah dari Hangzhou, China.

Kalau training jadi dilakukan di Hangzhou, ada beberapa pe-er yang harus dilakukan, yaitu beberapa lokasi wisata yang belum dikunjungi. Apalagi Hangzhou merupakan salah satu kota dengan industri dan pariwisata yang berkembang. Maret yang lalu, sudah menyusuri tepian West Lake, shopping di Xinhua Silk Town Fang Gu street, naik ke pagoda Cheng Fang,

Kalau training begini, mestinya fokus untuk memikirkan apa saja yang harus dipelajari, tapi malah hal lain. Mulai dari menghitung SPJ yang didapat, tempat-tempat yang mau dikunjungi sampai oleh-oleh yang mau dibawa. Untungnya GEPON sudah jadi makanan sehari-hari karena setiap ada permintaan kalkulasi BoQ, mesti minta dimensioning ke saya. Jadi sepertinya training GEPON ini hanya pelengkap knowledge tentang broadband access.

GEPON vs GPON

Sekarang sih lagi curious tentang GPON, tandingannya GEPON. Selain teknologinya dirilis oleh ITU-T, GPON juga bisa mengakomodasi legacy system yang sudah diimplementasikan di lini akses pelanggan. Dengar-dengar juga sih untuk QoS handlingnya lebih memiliki keunggulan. Cuma sayangnya GPON ini belum mature technology alias masih dalam pengembangan sehingga prediksi beberapa market researcher masih harus dibuktikan terlebih dahulu. Estimasinya, pertumbuhan GPON akan melonjak di tahun 2010. Just an estimation. Mungkin ini bisa jadi bahan pertanyaan untuk trainer GEPON.

Sebagai perbandingan, GEPON sendiri dari sisi revenue maupun port saat ini sudah mulai menduduki posisi puncak sebagai salah satu FTTx Technology. Bisa dibilang menggeser teknologi lawas seperti ADSL (copper network) dan BPON (FTTx). Cuma hal itu belum terjadi di Indonesia karena sampai hari ini operator yang deploy FTTx Technology masih sangat sedikit (bisa dihitung dengan jari). Mungkin operator di Indonesia masih menunggu harga perangkat menjadi sangat murah dulu sehingga total cost of ownership dari sisi CAPEX atau OPEX sangat rendah. Like always, hitungan bisnis… Sebaiknya jangan berharap deh untuk mencicipi teknologi ini secepat mungkin.

GEPON sudah dikembangkan di negeri Jepang dan diminati oleh komunitas Jepang. Maklum, mereka memang pecinta teknologi jadi langsung menyerap teknologi apa saja yang disuguhkan oleh operator. Layanan yang dikembangkan bisa mencakup layanan triple play, seperti voice, broadband data, dan video. GEPON sebenarnya dikembangkan untuk memenuhi beberapa tipe pelanggan seperti residential, apartment, business area ataupun commercial area. Yang lebih mantap lagi, GEPON sanggup menyediakan layanan sampai 1 Gbps jika pelanggan menginginkannya. Teknologi ini diimplementasikan dengan menggelar fiber optic sampai pelanggan. Optic Fiber to the customer… OK kan ?

Standard GEPON mengacu ke IEEE 802.3AH Ethernet First Mile (EFM). Sekarang, perkembangannya adalah menuju 10GE uplink dan tentunya bersaing ketat dengan GPON. Beberapa operator mengembangkan GEPON dan operator lain berpikir untuk menggunakan GPON. Di tengah-tengah ada operator-operator yang mengembangkan keduanya, GEPON dan GPON. Itu adalah perkembangan yang terjadi di dunia. Well, masing-masing pihak masih berdebat tentang teknologi yang patut dikembangkan di negaranya.

Well, we will see what will be going on in Indonesia, GEPON or GPON deployment ? Yang penting training dulu di Hangzhou. Siapa tau nanti ditraining GPON di negara lain…??

3 thoughts on “Hangzhou Training Again ?!

    1. mas, saya bekerja di salah satu operator telco tapi fokus di korporasi. Bisa di sampaikan BOQ untuk membangun satu node GPON atau GEPON. Siapa tahu dari perusahaan mas bisa provide ke perusahaan saya

      Sudah saya kirim via email. Thanks.

  1. Saya bekerja di sebuah perusahaan vendor asuransi yang khusus menangani klaim dari PT. Telkom Indonesia. Telkom sendiri sudah mulai menggunakan perangkat ini namun masih sedikit. Boleh saya minta BoQ untuk perangkat GEPON dan atau GPON? Terima kasih.

    Sudah saya kirim via email

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s