Sedikit tentang IMS

IMS (IP Multimedia Subsystem) memang sudah dibuat konsepnya sejak 3G release 99 dicanangkan. Konsep untuk menerapkan IMS sendiri akan dilaksanakan jika operator sudah melewati 3G release 99 dan release 4. 3G Release 5 merupakan fase perombakan core network untuk migrasi ke jaringan IP. 3G yang awalnya digunakan untuk mengantisipasi data dan voice pada jaringan telekomunikasi bergerak ternyata berdampak juga pada fixed mobile broadcast convergence. IMS sebagai core network dari 3G juga dirujuk sebagai core network fixed line.

Telekomunikasi tradisional menganut paham vertical yang memisahkan antara jaringan satu dengan jaringan lainnya. Jaringan telekomunikasi fixed telephone memiliki perbedaan dengan mobile phone. Demikian pula jaringan broadcast yang memiliki perbedaan dengan jaringan telekomunikasi fixed maupun mobile. Cara pandang seperti ini mulai ditinggalkan dan beralih ke konsep konvergensi jaringan yang melihat jaringan secara horisontal. Jaringan yang dipakai oleh broadcast dapat dipakai oleh fixed dan mobile. Arsitektur jaringan yang sudah konvergen memiliki beberapa layer seperti application layer, call control session dan transport layer. Konvergensi TDM network dan IP network semakin jelas di sini karena infrastruktur dapat dipakai bersama-sama oleh operator. Services yang berbeda-beda dapat didistribusikan melalui satu platform. Salah satu cara untuk mengurangi biaya operational (opex) dan biaya investasi (capex).

Sistem memang semakin kompleks, tetapi setidaknya ada interoperability antara sistem-sistem yang ada. Terbayang gak kalau jaringan telekomunikasi fixed, wireless dan broadcast bekerja dalam satu platform. Mantap euy…

Services juga bisa semakin berkembang dan bisa didistribusikan ke pelanggan dengan satu access device yang sama, tidak perlu berbeda-beda lagi. Satu device bisa menangani semua services. Konvergen. Semua jadi satu, mulai dari smart phone, PDA, radio, tv receiver, GPS dalam satu genggam tangan manusia. Untuk komunikasi dengan device A, dengar berita kemacetan Jakarta di radio pakai device A, browsing internet juga pakai device A. Tentunya data yang mengalir ke satu device ini menggunakan satu platform infrastruktur. Low cost infrastructure. Harapannya sih harga services jadi murah meriah.

Data yang ditransmisikan juga akan mengalami ledakan karena beragamnya services. Legacy system tidak bisa mengantisipasi ini. Ekspansi perangkat lama hanya akan mengakibatkan tingginya capex dan opex. Pas banget kalau jaringan data harus dikembangkan. Apalagi untuk komunitas orang-orang yang mobile.

Kira-kira berapa layer yang dibutuhkan IMS untuk menyatukan semua layanan. Dari beberapa artikel, ada 3 layer yang digunakan, yaitu application/service layer, IMS layer, dan transport layer. Ada juga sih yang menambahkan layer access pada diagram mereka. IMS juga tidak melupakan bahwa sistem harus mengakomodasi legacy system. Jadi ada fungsi interworking dengan sistem sebelumnya. Ada beberapa gateway ditempatkan pada ujung-ujung jaringan IMS. Kenapa gateway ? Sebabnya adalah data yang masuk tidak sama dengan data yang keluar.

Konvergensi berdampak pada new capital expenditure (capex) bagi operator. Sebenarnya tidak masalah karena ada kemungkinan untuk initiate model bisnis baru yang sulit untuk diimplementasikan pada sistem legacy. Dengan konvergensi, banyak pekerjaan mungkin menjadi lebih mudah, opex menurun, implementasi ide baru lebih cepat, harga mungkin bisa jadi lebih murah.

Siapa saja operator di Indonesia yang siap menggunakan IMS sebagai sistem baru dalam jaringan mereka ? Belum bisa saya jawab sekarang…. Tantangan besar bagi operator untuk mengembangkan sayap bisnis mereka dan meraup keuntungan yang besar. Sedangkan bagi pelanggan adalah kemudahan dalam melakukan akses informasi, berkomunikasi, akses hiburan, dan lain-lain.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s