GPON dan GEPON

Sepertinya teknologi GPON sedang naik daun dan terus merambah menjadi salah satu pemain dominan pada teknologi FTTx. Sepintas memang seperti tidak ada perbedaan antara GEPON dan GPON. Apalagi dilihat dari sisi arsitektur, istilah-istilah umum yang dipakai. Setelah dibaca lebih mendalam terlihat perbedaan antara kedua teknologi ini.

Coba cek beberapa perbedaan di bawah :

1- GPON berbasis standar seri ITU-T G.984 merupakan evolusi dari B-PON dan GEPON berevolusi dari standar IEEE 802.3ah yang berusaha fokus pada ethernet services

2- ONU GPON mampu mengakomodasi legacy network (TDM based) seperti E1 sedangkan ONU GEPON hanya based on ethernet. Artinya GPON menggunakan integrated pseudowire sedangkan GEPON harus menggunakan tambahan pseudowire box.

3- Frame GPON adalah GEM (GPON Encapsulation Method) dan frame GEPON adalah ethernet.

4- Split GPON sudah mampu 64 split sedangkan GEPON baru mampu 32 split

5- GPON sudah menstandarkan interoperability ONU dan OLT yang berbeda sedangkan GEPON masih menggunakan proprietary interface antara OLT dan ONU. Beberapa vendor GPON bahkan sudah announce bahwa mereka sudah melakukan interoperability test dengan sekian vendor.

6- Downstream GPON sendiri mampu mencapai 2.5 Gbps sedangkan upstream adalah 1.25 Gbps (asimetrik) sedangkan GEPON simetris 1 Gbps upstream dan downstream.

7- Link budget ODN GEPON minimum 26 dB sedangkan GPON sekitar 28 dB, walaupun physical reach yang diklaim keduanya adalah 20 km.

Ada beberapa perbedaan lagi yang lebih menjurus kepada perbandingan kelebihan dan kekurangan pada kedua teknologi dan biasanya digunakan operator/service provider dalam memilih di antara kedua teknologi ini.

Baca artikel  GPON dan GEPON yang lain di sini

143 thoughts on “GPON dan GEPON

  1. wah..sepertina mas mahir sekali ya di teknologi optik..
    saya mahasiswa IT Telkom mas…saya sedang ngambil skripsi mengenai teknologi GPON..ehm..tapi saya mentok di materinya,kira2 saya bisa dapet materinya darimana ya..mohon bantuannya…

  2. Memang agak susah cari dokumen tentang GPON. Apalagi teknologinya sendiri masih dalam penyempurnaan oleh ITU-T. Untuk GPON, ada beberapa artikel lepas yang dapat membantu. Mungkin dari situ bisa dikembangkan…
    Nanti saya kirim via japri saja…

    1. iya nie mas …saya dari SMK UT PGII 2 bandung

      lgi ada tugas nyari GPON dan GEPON …

      SUSAH nyarinya bingung mau yg mna dlu …..

      sudah saya kirim ya via email…

  3. Japri itu jaringan pribadi… maksudnya email karena ada attachmentnya.
    GPON sekarang sudah mulai fix, hanya saja lebih mature GEPON karena sudah banyak yang deploy teknologi ini, terutama di Jepang. GPON lebih dipercaya karena mengusung standar ITU-T. Rata-rata Telco carrier menggunakan standar ITU-T untuk mengembangkan jaringan telekomunikasi.

  4. mas..kalo kita pake GPON..sama jaringan fiber biasa..sama2 gak mas?
    trus kalo kita mau buat gpon gmn ya??ada buku yang jelasin tentang hal tersebut gak??
    terima kasih mas

  5. Jaringan fiber biasanya tergantung jenis fiber optik yang digunakan. Untuk Optical Distribution Network tidak jauh berbeda dengan jaringan yang sudah digelar oleh operator. Menggunakan tipe single mode fiber (SMF) dengan ukuran core 9nm. Biasanya tipe fiber optik harus memenuhi minimal standar G652.

    Sudah coba browse dengan kata kunci yang saya kasih kemarin. Biasanya white paper tentang GPON bersembunyi di balik kata kunci itu. Informasinya terpencar-pencar. Coba deh cek satu per satu…

  6. Pak Gembus,
    G655 bukannya optimized untuk 1550nm ?
    Kalau saya lihat tabel perbandingan dispersi, hanya untuk panjang gelombang kisaran 1550nm.

  7. kelihatan nya GPON/GEPON akan lebih flexible untuk masuk layan baru Multiplay/Triple Play,selain kapasitas banwidh yg cukup lebar,penggunaan core fo juga lebih murah dari sisi ekonomi

  8. Udah pernah lihat presentasinya GEPON dari vendor Jepang? Kalau udah, saya yakin tulisan anda akan langsung anda revisi…hehehe. Salam.

  9. Saya sudah pernah lihat presentasi NTT tentang GEPON di Insync 2014 kemarin, tapi tidak banyak perubahan. Can you give me a clue ? Apakah ada update teknologi ? JIka memang ada, dan benar adanya, tentu saya revisi, kecuali hoax… hahaha…

  10. Mas Tri menarik sekali tulisan nya ttg GPON & GEPON…saya kebetulan bekerja di provider yg membutuhkan solusi GPON ini,
    apakah anda bekerja di Vendor ini, kami membutuhkan solusi utk
    service tripleplay yg sdg dikembangkan , bisa saya kontak anda via japri, saya bisa dikontak by email ato di no 686*****

    1. Jika bapak masih membutuhkan produk atau informasi lebih lanjut mengenai GPON, silahkan bapak e-mail atau menghubungi :

      Eddy Kristianto
      DASAN Networks Indonesia
      Tifa Building Floor 2 | Telp : 021-29306714
      Mobile: 0888 1634 039 , 0812 8454 1473
      Email : eddy_kris@dasannetworksid.com

      Kami akan senang menjelaskan kepada bapak.

      Terima kasih

  11. dh
    mas Tri,

    GEPON bukannya juga udah bisa sampai 64x split?
    bahkan saya dengar arahnya udah ke XEPON 10gig
    bener gak tuh mas?

    Trus apa keuntungan GEM?, padahal kalo saya lihat trendnya sekarang ke arah NGN & Metro-E yg dimana TDM based mulai di replace sama IP based (via ethernet). bukannya itu jadi kerja 2 kali mas?

  12. GEPON sendiri ke depannya juga mungkin bisa split 64, tapi tergantung dari vendor yang mengembangkan dan juga roadmap GEPON adalah 10GEPON (IEEE802.3av)

    GEM sendiri memang kerja 2x, tapi bagi operator telco yang punya investasi ribuan E1 (TDM based) tidak mungkin membuang E1 ini seketika. Tidak mungkin melakukan forklift migration (migrasi langsung ke teknologi baru), tetapi harus bertahap. Oleh karena itu, beberapa operator telco Indonesia lebih menyukai GPON. Untuk greenfield deployment, mungkin E1 tidak digunakan lagi dan bisa langsung menggunakan ethernet.

    Saya pernah baca artikel yang menjelaskan bahwa GPON memiliki efisiensi bandwidth lebih baik dari GEPON. Coba deh dicari…

  13. mas boleh kita bertular pikiran sama anda
    saya mahasiswa it telkom yang sedang mengambil TA ttg masalah ini
    apa saya boleh minta journal ato artikel yg berhubungan dengan maslah ini
    thx b4

  14. Maaf pak saya mahasiswa unjani jurusan telkom, saya sedang mencari materi ttg GPON untuk TA saya, minta bantuannya dong klo boleh dikirim juga dong artikelnya.

  15. Ohaiyo Drian-san,

    Wah ketemu ama Engineer Jepang disini.

    Sekedar revisi terhadap informasinya, baik G.652 dan G.655 bisa digunakan sebagai media transmisi GPON. Hanya saja pada budget planningnya harus disesuaikan i.e:
    – 1310nm, alpha =0.25-0.3dB/km atau 0.3-0.35dB/km

    Dispersi pada rate 1.25Gb hingga 2.5Gb tidak banyak berpengaruh pada kualitas transmisi, apalagi orde jarak yang cuman 10-20km.
    Pada 2.5Gb transmisi akan berpengaruh ketika jarak sudah berorde 80km ke atas.

    Mesti pada masa sekarang split yang bisa diakomodasi adalah 1:64, tetapi pada ITU-T G.948.x kita bisa lihat bahwa split sudah didefinisikan hingga 1:128

    Arigato Drian-san, welcome to optic club!

    turasto.com

  16. Mas Tri saya sangat tertarik dengan topik teknologi GPON,,
    saya mahasiswa maranatha yang sedang mengambil
    skripsi tentang GPON,,
    tapi masih ssh untuk mencari materinya,,
    Mohon bantuannya untuk mencari materi ttg GPON mas,,

  17. tapi ada perangkat GEPON, yang OLT dan ONTnya sudah ada E1/T1 portnya lho mas,bahkan di sisi ONUnya ada POTS portnya untuk telepon analog, kalau splitter 64x mungkin dari sisi OLTnya yang punya 2 port PON (1 dan 2) dimana 1 pon port bisa split ke 32 ONU, jadi kalo ada 2 port ya jadi 64 ONU, gitu kali ya hehehe…

    Setahu saya, tahun ini juga GEPON sudah ada yang masuk ke 10gig.

    Ada juga vendor yang mengakomodasi dalam OLTnya bisa GPON dan GEPON …tapi saya juga belum ngerti nih, apa slotnya masing2 atau universal.

    1. Kalau lihat standarnya sih memang belum ada E1/T1, tapi vendor bisa mengembangkan fitur tambahan. Salah satunya adalah pseudowire over GEPON. Jadi memang benar ada yang sudah mengembangkan E1/T1 dalam satu box GEPON. Untuk telepon analog pun memang keluarannya analog, tapi biasanya ada terminasi SIP atau H.248 pada box ONT GEPON.

      Split 64 yang dimaksud di sini adalah 1 port PON harus bisa di-split menjadi 64 cabang. Jadi permainan link budget adalah kunci utama untuk splitting ONT/ONU.

      Vendor yang menjadikan OLT sebagai GPON dan GEPON jelas ada. Jadi variasinya ada macam-macam. Ada yang mengembangkan GPON based MSAN, GPON based GEPON, dan lain-lain. Saya sudah cek ke beberapa merk. Rata-rata mereka memang menggabung dengan platform yang lain. Kebanyakan sih mereka membuat slot yang universal untuk menghemat budget.

  18. oiy,mas tri klo ad materi tentang GPON
    minta tolong juga dikirim materinya
    coz,sy sedang mengambil tugas akhir tentang teknologi tersebut,,thx before

  19. Mas Tri…ini bukan latah loh. 🙂
    Tapi kebetulan perusahaan kami juga akan melakukan trial GPON, jadi kalau tdk keberatan saya minta tolong juga dishare materi ttg GPON-nya ke usman.xzf@gmail.com.
    Terima Kasih sebelumnya

  20. mas tri…apa perbedaan MSAN & GPON
    mohon bantuan agar materi GPON yang lengkap bisa dikirim ke e-mail saya…..terima kasih banyak atas bantuannya….semoga ini menjadi amal bagi mas tri

    1. Mas Tri yg baik hati,
      Mo nanya Mas, perbedaan antara GPON dan MSAN.
      Mohon juga Mas Tri berkenan share materi ke saya, kalo ada sih GPON dan MSAN, karena saya masih bingung perbedaanya.
      terima kasih sebelumnya Mas.

  21. mas tri saya ingin tau lebih tentang GEPON karena di kantor tempat saya bekerja ingin menggunakan perangkat GEPON
    tlong dijapri.
    thanks.

  22. mas tri.. saya mau nanya .informasi tentang perusahaan yang menggunakan FO sealain OPERATOR TELCO karna perusahaan tempat saya bekerja dalam proses pengembangan TRIPLE PLAY yang menggunakan teknologi GE-PON yang lebih mengarah ke FTTH…

    GE-PON from OFN (Oki Fujikura Network in JAPAN)

    oiya,,boleh share artikel GPON dan GEPON nya ga,,japri ya mas..

    makasi sebelumnya

  23. Pak Tri yth,

    Sama seperti rekan yg lain minta di japri juga dunk,

    Sudah saya kirim via email. Thanks atas kunjungannnya…

  24. Pak Tri,

    Thks untuk tulisannya.
    Saat ini sy juga sedang intens membaca tentang Fttx, GPON dan GEPON.
    Klo ada bahannya boleh dikirim ke saya Pak?
    Terima kasih🙂

    HrtSy,
    Jim

    Pak Jimmi, sudah saya kirim bahan materialnya.

  25. Ketinggalana Pak Tri,

    Klo ada informasi tentang Rfog boleh juga di japri ke saya yah, saya sudah baca beberapa artikel tentang technology2x ini, ingin membandingkannya dengan bahan yang ada di Pak Tri yang memang competensinya dibidang ini,
    Thks sekali lagi🙂

    saya belum punya bahannya untuk RFoG

  26. Mas, sama seperti temen2 yg comment sy bisa di share materi gpon via japri? butuh untuk sharing knowledge terima kas salm ih sebelumnya

    Sudah saya kirim. Thanks atas kunjungannya

  27. Pak Tri kalo tidak keberatan saya juga dishare tentang GPON/GEPON FTTX saya ingin lebih memahami tetang teknologi ini. Terima kasih, salam.

    Pak Anton, sudah saya share via email. Semoga bermanfaat..

  28. Pak Tri yth

    Saya sangat tertarik untuk mendalami materi tentag GPON, kebetulan saya mengambil tema skripsi di bidang ini, jika bapak tidak keberatan bisa tlg dikrimkan bahan2nya ke email saya di biway13@gmail.com,
    terimakasih yang sebesar2 nya saya ucapkan kepada bapak, karena saya sangat membutuhkan bahan materi ini

    terima kasih atas kunjungannya. Sudah saya kirim via email…

  29. mas, kl dari perbandingan cost ..mana yg lebih effective?? dan pertimbangannya apa saja..

    thanks

    salam

    Kalau dari segi cost, seharusnya yang paling banyak dipakai, harga ke depannya akan lebih murah. Alasannya adalah chipset akan diproduksi secara masal sehingga harganya bisa turun jauh. Biasanya vendor GPON mengemas produknya dalam bentuk modular sehingga untuk operator pemula, harganya menjadi lebih mahal. Sedangkan GEPON ada box dalam ukuran 1 RU. GPON dikembangkan untuk broadband tanpa mengesampingkan legacy system yang banyak terdapat pada jaringan operator Telco.
    Saya dengar ke depannya GPON dan GEPON akan dikemas dalam satu standar. Cuma perlu dicek progress wacana ini.

  30. mas tri,
    untuk GEPON sendiri sebenarnya sudah ada yang integrated E1/T1 dan RF (teknologi RF over glass). Dan yang saya tahu gpon itu sudah mentok di 2,5gbps sedangkan gepon sendiri sudah keluar yang 10gig. Selain itu gepon bisa Vlan trunking sehingga hemat port ethernet di oltnya, bisa di cek merknya Alloptic (kebetulan saya distributornya dan sudah sering instalasi dengan jarak terjauh 30km ,sekalian numpang promo mas tri hehehe)…makasih mas.

    Masing-masing masih berkembang. Setahu saya sih, ke depannya mungkin ada penggabungan teknologi keduanya. Soalnya sama-sama PON, tapi kok roadmapnya beda. Sayang juga.

    1. Dear mas Dany…

      Mas lokasi distributornya di daerah mana ya ,..
      di kantor saya lagi butuh sharing knowledge untuk perangkat ini ..

      Terima Kasih

  31. Dear Mas Tri,

    seperti yg lainnya juga, minta tolong saya di kirimkan artikel mengenai GPON dan GEPON, kebetulan kantor saya plannya akan implementasikan salah satunya..

    Terima kasih sebelumnya mas tri

    Sudah saya kirim via email. Thanks telah berkunjung…

  32. dear mas Tri,
    saya sangat tertarik dengan ulasan mengenai GPON, bisakah kami mendapatkan artikelnya via japri.

    terima kasih atas bantuannya mas,
    salam,

    Sudah saya kirim via email, tapi email saya selalu tertolak..

  33. dear mas tri,
    Saya sangat tertarik untuk mendalami materi tentang GEPON, kebetulan saya mengambil tema skripsi di bidang ini, jika bapak tidak keberatan bisa tlg dikrimkan bahan2nya ke email saya di djmaulana@gmail.com,
    terimakasih yang sebesar2 nya, karena saya sangat membutuhkan bahan materi ini

    Sudah saya kirim via email. Semoga bermanfaat.

  34. Mas mau tanya, bisa gak kalau kita pakai kamera cctv menggunakan GPON dan bisa kita lihat di lain tempat menggunakan jaringan internet. Tks dan salam

    Jika yang digunakan IP camera, maka teknologi GPON bisa dipakai… Teknologi GPON sendiri access network dengan L2 functionality dan perlu disambung dengan perangkat tambahan untuk berkomunikasi dengan internet.

  35. Mas, buat tambah2 ilmu, kalau boleh dikirim ke saya juga artikel GPON nya.

    Terimakasih.
    Salam.

    Sudah saya kirim via email. Thanks atas kunjungannya.

  36. mas, saya boleh minta materi GPON nya ? saya sedang nyusun TA ttg GPON ni…….thanks ya sebelumnya

    Sudah saya kirim via email. Terima kasih sudah mampir…

  37. pak.. saya sedang membuat laporan tugas akhir tentang GPON dan MSAN,
    bisa minta tolong dibagi materinya juga??
    terima kasih sebelumnya…

    Sudah saya kirim via email. Terima kasih telah berkunjung…

  38. mas,saya sangat tertarik dengan teknologi GPON
    bolehkah saya meminta jurnal dan materi yang berkaitan dengan MSAN dan GPON??
    trima kasih

    Thanks telah berkunjung. Materi yang diperlukan sudah saya kirim via email. Semoga bermanfaat.

  39. Pak, mohon di berikan jurnal atau penjelasan tetntang GPON dan GEPON ke email saya nuzulian@gmail.com.. saya lagi belajar tentang GPON..terima kasih

    Sudah saya kirim via email. Terima kasih telah berkunjung…

  40. pak, saya sedang membuat laporan pkl mengenai teknologi metro-e pendukung triple play. yang saya bahas ada yang mengenai msan, dslam, dan gpon ..
    tetepi saya belum terlalu mengerti pak. boleh minta penjelasan dan jurnal atau artikel mengenai gpon pak?
    kalo ada yang mengenai triple play, msan, dan dslam juga boleh pak. hehe
    terimakasih pak. saya tunggu japrinya🙂

    sudah saya kirim via email. please check. thanks..

  41. mas. produk GPON yang murah meriah untuk 100 koneksi kira kira merek apa yaa

    wah kalau ini saya no comment deh… thanks telah berkunjung.

  42. permisi, saya mahasiswi S2 jurusan teknik elektro bagian telekomunikasi. saat skripsi saya membahas tentang DWDM pada fiber optik, untuk tesis rencananya saya ingin membahas mengenai GPON. apakah anda bisa memberi ide atau gambaran hal apa yang bisa saya bahas mengenai GPON yang berkaitan dengan tahun sekarang tentunya, dan jika berkenan bolehkah saya menerima beberapa paper yang berkaitan dengan GPON??
    terima kasih banyak atas bantuannya🙂

    sudah saya jawab via email. Thanks telah berkunjung.

  43. saya juga mau dong pak bahan ttg GPON.. buat penelitianku.. makasih ya pak..

    Sudah saya kirim via email. Semoga bermanfaat untuk penelitiannya.

  44. Permisi pak Tri, saya mau minta artikel dan materi tentang GPON juga.
    Mau tanya juga, kalo GPON di Indonesia sudah diterapkan di perusahaan mana saja ? Trus saya kan mau TA, dari teknologi GPON hal apa saja yang bisa di bahas untuk TA ?

    Terima kasih perhatiannya pak……

    Sudah saya jawab dan kirim artikel via email. Untuk TA, tergantung mau membahas bagian apa? Hardware, software, protokol, studi literatur tentang GPON, atau kasus studi perencanaan GPON di kota besar dan kecil?

  45. Pak, saya sedang membuat skiripsi tentang IPTV, tetapi saya masih membutuhkan sumber literaratur dan artikel tentang DSLAM, GPON, IPTV, FTTH dan MSAN. mohon bantuannya ya Pak, terima kasih

    Sudah saya kirim via email. Thanks.

  46. maap mas,
    boleh ga saya minta semua materi ttg GPON dan GEPON, kebetulan lagi ada tugas ttg itu.. thx before

    Sudah saya kirim via email. Terima kasih telah berkunjung…

  47. dear all
    ada yang tahu harga OLT, spliter dan ONU kasih the best net ya..sma datasheet/brosurnya ke dsubagia72@gmal.com kalo memang ada yang bisa nstaltalasi sekalian aja..

    Mantap nih.. Kayaknya butuh data siapa operatornya. Yang bisa bantu, monggo..

  48. maaf mas,
    boleh saya minta semua materi ttg GPON dan GEPON.
    kebetulan lagi ada tugas ttg itu.. , kalo bisa dengan referensi produknya …..thx

    Sudah saya kirim via email. Semoga bermanfaat untuk tugasnya. Untuk sementara ini saya tidak bisa memberi referensi produk. Thanks…

  49. mas maaf, boleh kirimin materi tentang GPON dan Gepon yah,, saya ada tugas tentang itu soalnya terima kasih banyak ya mas sebeumnya…

    Sudah saya kirim via email. Thanks telah berkunjung

  50. Pak, jurnalnya mudah dimengerti walaupun sejak 2008 msh aktif,.

    pak, saya sedang membuat laporan pkl mengenai teknologi GPON, FTTH, IPTV dan MSAN sebagai triple play.
    tetepi saya belum terlalu mengerti pak. boleh minta penjelasan dan jurnal atau artikel mengenai gpon pak?

    terimakasih pak. saya tunggu 🙂

    Topiknya lumayan menarik dan bagus juga. Banyak sekali yang dibahas. Sepertinya perangkat yang dipakai banyak digunakan di salah satu BUMN yang bergerak di Telco. IPTV sendiri sudah di-deploy oleh Telkom dengan menggunakan perangkat dari vendor Cina dan secara komersial sudah dipasarkan. Aksesnya bisa menggunakan GPON. Untuk akses menggunakan MSAN sih mungkin bisa kedodoran juga ya kalau bandwidth untuk SD-nya kecil. Kalau tidak salah SD ditransmisikan dengan bandwidth 2Mbps.

    Bahannya sudah saya kirim…

  51. Pak.. sptnya sy sdg ada masalah dengan GPON ini pak..:)
    Saya menggunakan jaringan Metro-E T****m yang menggunakan GPON sbg lastmilenya. ada lokasi Denpasar, Jogja, Semarang, bandung, dan palembang yg menggunakan GPON, masing2 kapastias 5Mbps…backhauling poin to poin ke Jakarta. Aplikasi yang saya lewatkan ke jaringan GPON tsb adalah video streaming dengan protocol UDP Multicast. Jogja, Semarang, bandung Ok.
    Masalahnya, untuk lokasi Denpasar dan Palembang gagal. protocol multicast diblok. trafik tidak lewat sama skali. sy sdh koordinasi dg vendor untuk utak-atik setting konfigurasi GPON-nya untuk meng-allow protocol multicastnya, tp berhari2 tetep jg tidak berhasil. Akhirnya kami pake L2 Switch sebagai pengganti GPON, narik FO lagi sbg lastmilenya.
    kalau mau konsultiasi bisa dihubungi ke jalur japri mana pak ya?
    mohon bisa dishare bahan-bahan materi GPON ke alamat email saya pak goenk.2k@gmail.com
    terima kasih.

    Pak, untuk Denpasar dan Palembang kan harus menyeberang lautan. Jangan-jangan diblok oleh operator tersebut. Mungkin bisa minta dibuka keran untuk multicast…

  52. Dear Pak Tri
    Boleh donk di-share materi GPON,GEPON,MSAN kalo ada..

    Japri aja gpp

    thanks before

    Sudah saya kirim untuk GPON. GEPON hampir mirip dengan GPON secara konfigurasi, ODN, tetapi berbeda ketika masuk ke packet, protokol, dan mekanisme yang bekerja di perangkat. GPON bersandar pada ITU-T dan GEPON bersandar pada IEEE…

  53. Mas…bisa minta tolong dikirmkan materi tentang GPON, GEPON sebagai bahan2 untuk belajar lebih dalam …terima kasih banyak

    Sudah saya kirim via email. Thanks telah berkunjung.

  54. Mas Tri, kebetulan saya lagi belajar GPON untuk pekerjaan di kantor, mohon bisa share artikel ke email saya. ( nurhadiman@yahoo.com )
    terima kasih..

    Saya kirim untuk GPON via email. Bahasannya teknis mengenai apa yang dilakukan ada dalam perangkat GPON. Cuma kalau konfigurasi, cara setup multicast, DHCP relay, provisioning DBA ONT, dll adanya di product overviewnya vendor. Thanks telah berkunjung

  55. min, minta artikel teori dasar FTTx, Gepon, arsitektur Gepon, sama skema Gepon dong.. ada tugas mengenai materi ini..
    bisa dikirim ke email min, thanx sebelumnya..

    Sudah saya kirim via email…

  56. mas kalau boleh bantu, saya ada tugas kuliah tentang GPON, kalau bisa bantu saya mau minta bahan GPON nya mas..terimakasih sebelumnya saya ucapkan🙂

    Sudah saya kirim via email…

  57. Mas, saya mahasiswi Unsri di Palembang sedang menyusun tugas akhir tentang GPON, Terutama di bagian pembagian bandwidth secara dinamis. Bisa minta bahan GPONnya mas ? Keseluruhan yang harus saya pelajari ttg GPON dr awal sampai yg paling update. Terima kasih banyak.

    fenti_office@yahoo.com

    Sudah saya kirim via email…

  58. om tri, saya jg mw dong bahan materi ttg GPON nya? saya butuh nih om wat penulisan TA saya., kirim yah om., thx.,

    sudah saya kirim ya…

  59. Selamat siang mas tri, bisa minta share materi tentang GPON/GEPON? terutama tentang Design and planning kedua jaringan itu untuk FTTH access network..

    Thanks before..
    //Best regards…

    Sudah saya kirim via email

  60. Mas Tri, bisa di share mengenai artikel teknologi GPON, rencana ke depan kantor kami menggunakan teknologi ini. terima kasih

    sudah saya kirim via email ya…

  61. MMas Tri, kebetulan kantor saya akan implementasi GEPON dg produk SHenzhen C Data Technology Co Ltd dari CHINA
    Tetapi User manual nya tidak lengkap. Bisa minta materi GEPON yg mas punya sekalian contoh configurasi
    Semoga dapat membantu saya untuk implementasi GEPON tsb. Bisa kirim ke heriagus@wt.co.id
    Terimakasih

    Saya kirim via email, tapi bukan user manual. Hanya description tentang GPON. Thanks telah berkunjung

  62. saya awam dan msh belajar.
    saya masih bingung kaitan antara dwdm dan gpon…mohon bisa dijelaskan.terima kasih

    Sudah saya kirim via email

  63. Mas Tri, saya mahasiswi yang sedang menyusun thesis. Rencananya saya akan mengambil topik mengenai teknologi GEPON. Kira2 dari teknologi tsb bagian mana yg cocok utk dibahas dan yang sesuai dengan kondisi sekarang?

    kalau boleh mohon di-share materi atau jurnal mengenai GPON dan GEPON ya mas. Terima kasih sebelumnya.

    Sudah saya kirim..

  64. kalau boleh mohon di-share materi atau jurnal mengenai GPON dan GEPON ya mas. Btw untuk line transmisi sistem ini hanya menggunakan 1 core ya Pak? karena biasanya transmisis SDH menggunakan 2 core untuk Tx dan Rx. Terima kasih sebelumnya.

    Sudah saya kirim via email. GPON hanya menggunakan 1 core untuk transmit dan receive. 1 core dimuati dua lambda yang berbeda…

  65. Mas Pri kalo berkenan juga saya juga artikel tentang GPON, karna saya skarang sedang merambah dunia GPON, terimakasi atas bantuannya..!

    Sudah saya kirim artikelnya…

  66. Mas Tri, terima kasih atas bahasan tentang GPON-nya yang bermanfaat. Kalau boleh, saya ingin dikirimin email lebih lanjut tentang GPON untuk membantu saya dalam laporan field trip.

    Ok, already sent…

  67. Permisi Mas Tri,,
    Mohon bantuannya untuk share detail GPON ke email saya, kemarin saya dah coba ngemail ke email mas tri yang tridrian@gmail.com , di kantor saya lagi banyak project baru menggunakan GPON

    Terima kasih banyak mas ..

    Mungkin ada yang bisa bantu?

  68. pengalaman saya waktu implementasi video streaming dgn GPON merk ZTE ZXA10 kurang stabil (sering putus), kenapa yah pak. ada yang bilang dgn modem tsb emang kurang stabil krn FO nya cuma 1 core, apa betul begitu pak?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s