Technical Proposal

Apa yang perlu dilakukan untuk membuat suatu technical proposal ? Mungkin ini terbesit ketika ada request for proposal (RFP) dari operator atau service provider. Customer menginginkan solusi yang integral sehingga terbentuk suatu sistem yang end to end. Kadang customer butuh solusi yang sederhana, agak susah, susah sekali atau sederhana tapi tidak lazim.

Mungkin tulisan ini dapat membantu pengerjaan pembuatan proposal tender. Konsep yang harus dipegang adalah proposal harus mampu menjawab dan menjelaskan sistem yang ditawarkan sangat cocok dengan kebutuhan customer. Untuk itu perlu diperhatikan beberapa hal berikut :

1- Ada ringkasan tentang isi proposal yang merangkum secara global tentang bagaimana solusi yang ditawarkan memenuhi kebutuhan customer. Ringkasan ini dituangkan dalam bentuk Executive Summary.

2- Ada beberapa service provider yang sudah memiliki standar baku dalam desain jaringan mereka sehingga desain perangkat tinggal mengikuti saja. Jika tidak ada, maka buatlah logical network configuration yang menggambarkan proposed solution.

3- Dalam RFP, biasanya ada statement yang harus diperiksa, apakah vendor comply terhadap requirement operator. Oleh karena itu perlu daftar Compliance Statement untuk menunjukkan klausul apa saja yang dapat dipenuhi peserta tender. Biasanya dalam RFP ada tiga pokok bahasan, yaitu term & condition, commercial, dan technical. Masing-masing statement harus merujuk pada dokumen dalam proposal peserta tender. Jadi, bisa membantu evaluasi dokumen menjadi lebih cepat dan menjadi nilai plus proposal.

4- Brochure/Data Sheet tentang spesifikasi perangkat berupa interface, protokol yang didukung, standard yang digunakan, dimensi berat dan panjang,

5- Product Description, menceritakan lebih detail tentang sistem konfigurasi perangkat termasuk modul-modul, power, dan lain-lain.

6- Implementation Schedule, menggambarkan jadwal pelaksanaan pekerjaan sampai pelaksana pekerjaan mendapatkan dokumen selesai pekerjaan sehingga dapat dilakukan penagihan.

7- Bill of Quantities (BoQ) merupakan daftar material yang akan diinstalasi ditambah item jasa survey, pemasangan, test comm.

8- Supply record perangkat sudah dipasang di daerah mana saja juga merupakan salah satu item yang dipertimbangkan oleh operator.

9- List material. Jika material yang dibutuhkan berasal dari brand yang berbeda-beda. Kadang-kadang operator membutuhkan turn-key solution sehingga operator tidak perlu repot-repot lagi menggabungkan berbagai macam solusi menjadi satu sistem. Biasanya tender seperti ini diikuti oleh sistem integrator.

10- Surat dukungan dari pabrikan untuk perangkat untuk memberikan jaminan bahwa perangkat tersebut mendapat dukungan material dari main equipment atau 3rd party pabrikan.

Proposal yang diminta oleh operator biasanya terdiri dari proposal administrasi dan teknis serta proposal harga. Proposal di atas hanya mencakup proposal teknis sehingga term & condition untuk commercial tidak disebutkan dalam item di atas. Good luck for your technical proposal

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s