GPON Encapsulation Method (GEM)

Paket yang lewat pada jaringan Optical Distribution Network (ODN) antara Optical Line Terminal (OLT) dan Optical Network Termination (ONT) harus mampu melewatkan layanan (service) seperti xDSL (ATM based), ethernet frame, RF overlay, E1. Permasalahannya adalah paket data hanya lewat satu single fiber. Oleh karena itu harus ada transport stream yang harus mampu membungkus semua layanan tersebut.
GEM menggunakan header :
1- Payload Length Indicator (PLI) – 12 bits, menunjukkan panjang payload
2- Port ID – 12 bits
3- Payload Type Indicator (PTI) – 3 bits, menunjukkan apakah fragment berupa user data atau OAM data dan apakah fragment merupakan frame terakhir user.
4- Header Error Correction – 13 bits, untuk deteksi dan koreksi error.
5- Payload

Payload dapat berupa frame ethernet atau paket TDM. Tipikal frame ethernet terdiri dari :
1- Ethernet header : Destination Address (DA), Source Address (SA) dan Ethertype. DA dan SA merujuk pada Media Access Control (MAC) address, sedangkan Ethertype memberikan informasi protokol apa yang dikandung oleh payload.
2- Payload : paket data
3- Frame Check Sum (FCS) untuk memeriksa error.

12 thoughts on “GPON Encapsulation Method (GEM)

  1. trims ya broo….akhirnya nemu juga GEM scr detail.btw boleh minta daftar pustakany drmn??buat keperluan sidang nih๐Ÿ˜€ ane cari di wikipedia aj ga ad GEM secara detail. email aj yaa…thx b4๐Ÿ˜€

    Saya kirim via email. Semoga sidangnya sukses…

  2. mau tanya

    kira2 maslah apa yg terkait dengan GEM ini

    msh bingung mau ambil skripsi apa

    kan bisa buat perbandingan antara ethernet frame, GEPON, dan GEM. Efisiensi antara ketiganya. Siapa tahu bisa terlihat masalah apa yang akan muncul dari GEM setelah melihat frame tandingannya…

  3. bos makasih banget nih inponya, btw bisa kirim manual detail tentang gpon, encapsulasi dan kawan kawannya gak? saya lagi belajar tentang teknologi ini nih..makasih ya kang…..

    Sudah saya kirim via email Mas Boim. Thanks atas kunjungannya..

  4. Ada bahan tentang payload nih, saya lagi nyari bahan nih buat TA saya yg berkaitan dengan payload data ini,
    mau nanya nih mungkin saja mas tau saat kita capture paket data yg lewat itu buat klasifikasikan header dan payloadnya kedalam bentuk tabel bisa tidak ? ?

    thx be4

    Bahan tentang GEM sudah saya kirim. Kalau capture data untuk mengklasifikasikan saya belum pernah coba.

  5. maaf pak, apakah masih ada materi lengkapnya tentang GEM, kebetulan saya ingin menganalisis metoda GEM ini…
    bisa minta tolong kirimkan materinya pak??
    sebelumnya terimakasih..๐Ÿ™‚

    Mbak Galuh, sudah saya kirim via email. Maaf agak lama…

  6. terima kasih atas pengajarannya mas, semoga bahan2 ini semua dapat meng-upgrade pengetahuan saya dalam prakteknya,
    manfa’at dalam ma’isyah, serta jawaban atas tanggung jawab saya dalam tholabul ‘ilmi..
    boleh tolong sekalian juga kirim2 ilmu lainnya ke email : faiz.anami@yahoo.com

    Sudah saya kirim via email, mas…

  7. selamat siank pak..
    saya sangat tertarik sekali mengenai pembahasan GEM ini, dan rencana ingin saya tambahkan utk pembahasan TA saya nanti. Kira2 bisa minta tolong dikirimin materinya pak..
    sebelumnya saya ucapkan trima kasih

Tinggalkan Balasan

