Triple Play or Multiplay Services ?

Untuk menggaet pelanggan dari setiap segment, operator mulai membagi-bagi services package ke dalam bentuk yang menarik. Propaganda dalam bentuk iklan ditayangkan di televisi, billboard, radio, dan lain sebagainya untuk menawarkan paket layanan. Setiap pihak berusaha mengklaim keunggulan masing-masing. Maklum saja, taktik promosi ini memang merupakan hal mendasar yang dilakukan untuk memperbesar pasar dan memperkecil biaya investasi.

Sebenarnya, layanan yang berkembang di masa depan akan terbagi dalam tiga scope :
1- Voice, komunikasi suara antara dua orang atau lebih melalui jaringan telekomunikasi,
2- Video, bisa berupa video streaming, video call, video conference akan menggunakan streaming video,
3- Broadband access untuk browsing, download – upload, peer to peer connection, game online, email,
Kebanyakan orang menyebutnya triple play services. Ada juga yang menyebut multiplay services. Yang jelas di masa depan tiga services ini akan konvergen menjadi satu lewat satu single transport, single media handheld, single equipment. Platformnya sedang dibentuk dan berdiri di atas IP network.

Setelah TDM network yang terbentuk selama puluhan tahun dan berdiri sendiri tak tersentuh oleh IP network. Akhirnya TDM network pun harus melebur juga ke IP network. TDM network sendiri sebenarnya sangat reliable sebagai suatu platform untuk ,telekomunikasi. Yang menjadi masalah adalah di masa depan, setiap individu tidak hanya butuh berkomunikasi secara verbal. Mereka juga butuh informasi berupa data, dalam bentuk image, rekaman suara, video conference call, video streaming, download dokumen, interactive game. Beberapa media ini berkembang dengan baik pada platform IP network walaupun tertatih-tatih. Implementasinya pun lebih murah dengan berbasis IP network.

Mungkin pernah dengar klasifikasi services pada jaringan 3G wireless. Biasanya dibedakan menjadi 4 kelas :
1- conversational class, biasanya voice communication, video call termasuk item ini.
2- Background class, seperti email, download, dan lain-lain
3- Interactive class, seperti game online, browsing,
4- Streaming services, seperti streaming video, video on demand, IPTV.

Masing-masing fitur mulai dapat digunakan pada jaringan 3G. Bahkan sekarang operator berani menawarkan kecepatan sampai tingkat HSDPA, walaupun masih kembang kempis karena backbone yang tersedia mulai tidak bisa mengikuti permintaan bandwidth dari pelanggan.

Infrastruktur jaringan telekomunikasi untuk konvergensi layanan broadband mulai diuji apalagi jika video streaming dan download data menjadi pilihan favorit masyarakat Indonesia. Sanggup tidak ya jaringan Telco melayani animo masyarakat yang mulai sadar dengan teknologi broadband ? Jaringan broadband untuk fixed line maupun wireless memang cukup kompleks sehingga butuh konsep yang seragam di antara institusi standarisasi.

Bayangkan untuk jaringan fixed broadband access saja masing-masing institusi standarisasi saling bersaing untuk menjadi yang terdepan dalam membuat solusi standar. Contohnya GPON dan GEPON yang masing-masing memiliki roadmap dalam penerapan teknologinya. Walaupun ada kecenderungan operator mulai melirik GPON sebagai teknologi yang akan diimplementasi. Apalagi operator yang berbasis telekomunikasi.

Untuk membangun jaringan broadband, baik fixed maupun wireless, kendala utamanya adalah pembangunan infrastruktur secara menyeluruh (end to end) dari sisi core network sampai last mile. Jika access network sudah support, tetapi tidak di-support dengan baik pada bagian transport. Bottleneck pada jaringan akan terjadi. Akibatnya fatal yaitu makian para pelanggan pada operator telekomunikasi. So, bangunlah jaringan Metro Ethernet, DWDM, broadband access network dan lainnya sehingga orang Indonesia semakin melek teknologi. Monggo….

One thought on “Triple Play or Multiplay Services ?

  1. Selamat sore pak…
    Pak, mau tanya, detail kebutuhan bandwidth dari masing-masing layanan triple play (VoIP, Video, broadband internet) pada jaringan GPON berapa ya?
    Terima kasih…
    Best regards///

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s