Hal-hal Keduniaan yang Perlu Diperhatikan Setelah Menikah

Malam ini saya buka kembali beberapa file perhitungan saya tentang biaya hidup. Kebiasaan untuk memonitor pengeluaran telah lama saya jalankan, terutama setelah keterbatasan dana kerap melilit kehidupan pegawai swasta seperti saya. Kadang anggaran yang telah ditetapkan dicapai dengan mudahnya dan pengeluaran melebihi anggaran. Otomatis harus cari tambahan. Berikut share tentang hal-hal yang harus diperhatikan :

  1. Transportasi kantor – rumah. Bagi saya ini adalah biaya yang cukup menyita anggaran saya. Saya tinggal di kota satelit Bogor sehingga membutuhkan biaya transportasi yang lumayan besar untuk mencapai Jakarta. Untuk memperoleh kenyamanan, tak ayal saya harus memilih jenis transportasi yang menggunakan AC. Belum lagi tantangan untuk turun naik beberapa mode transportasi. Cost semakin membengkak. Jenis biaya ini harus disiasati dengan mencoba alternatif-alternatif lain yang cukup memadai. Misalnya memadukan antara jalan kaki dan naik angkutan kota, bersepeda motor dan naik bis, bike to work dan kereta, dan lain sebagainya. Mana yang lebih murah dan sehat ?
  2. Belanja harian. Setelah berkeluarga, seorang kepala keluarga tidak hanya memikirkan dirinya sendiri, tetapi harus memikirkan anak dan istri yang ditinggal di rumah. Oleh karena itu, budget harian ini sangat penting sekali dianggarkan tiap bulannya. Berapa kira-kira anggaran yang akan disiapkan ? Menu makanan setiap harinya akan mempengaruhi besarnya anggaran. Jangan mengabaikan empat sehat lima sempurna agar tidak kekurangan gizi. Jangan juga beranggapan untuk tidak memakan daging atau jeroan. Sekali-sekali bolehlah melahap menu ini dengan tetap memperhatikan kadar kolesterol dan asam urat di tubuh kita.
  3. Biaya hidup Sabtu Minggu. Mungkin sebagian orang menyatukan biaya ini dengan biaya pada item 2, tetapi tidak pada keluarga kami. Biaya Sabtu – Minggu dibedakan karena biasanya kami sekeluarga pergi untuk rekreasi, shopping, kuliner untuk merayakan kebersamaan. Senin – Jumat di kantor cukup melelahkan pikiran harus dilebur pada akhir pekan untuk menutupi kepenatan dalam bekerja. Ada ide berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk akhir pekan ? Jangan pelit dalam menganggarkan biaya ini…
  4. Belanja Bulanan. Selain belanja harian untuk menu makanan setiap hari, ada juga biaya yang harus dikeluarkan untuk membeli barang-barang yang akan dipakai selama sebulan, tetapi dibeli dalam satu waktu. Contoh sabun mandi, shampo, minyak wangi, mie instan, susu cair kotak, minyak goreng, sabun cuci, dan lain sebagainya. Mengapa dibeli bulanan ? Supaya bisa dicari yang lebih murah dan juga biaya transportasi mengecil.
  5. Beras. Beras tidak dibeli harian ataupun bulanan untuk menjaga kualitas beras yang akan dimakan. Setiap satu pekan sekali, biasanya beras dibeli.
  6. Listrik dan Air. Jangan lupa untuk bayar kebutuhan pokok ini jika Anda berlangganan ke perusahaan penyedia layanan ini. Ketelodoran dalam membayar biaya ini akan mengakibatkan cost pembayaran semakan membengkak karena akan ditambah denda. Apalagi jika sampai menunggak beberapa bulan dan dilakukan pemutusan, bisa tambah biaya pasang baru.
  7. Iuran RT biasanya terdiri dari Keamanan, Sampah dan Kas digabung dalam satu bundle biaya. Tidak terlalu besar, tetapi seringkali tidak boleh diabaikan.
  8. Gas dan galon. Anggaran untuk dua jenis kebutuhan ini tergantung dari cepat atau tidaknya dua barang ini habis. Bisa setiap bulan, minggu, atau bisa lebih dari sebulan.
  9. Pembantu. Berapa kira-kira jumlah pembantu yang dibutuhkan untuk mengurus rumah ? Tergantung dari masing-masing orang untuk mengefektifkan kegiatan rumah tangga masing-masing. Ada yang butuh 2 orang, ataupun 1 orang. Satu kolega saya di kantor membutuhkan 2 orang dengan pembagian tugas pengurusan kebersihan rumah, cuci mencuci, masak diserahkan pada satu orang sedangkan 1 orang lagi untuk mengurus anak mereka. Terbayangkah pembengkakan biaya di sektor ini ?
  10. Cicilan rumah, mobil, dan kantor. Apakah Anda tergolong orang yang suka mencicil ? Jika ya, anggarkan dengan jelas pada setiap bulannya untuk meng-cover biaya-biaya ini.
  11. Pajak rumah, kendaraan juga jangan diabaikan untuk dibayar setiap tahunnya. Tidak ada anggaran akan menyebabkan rumah dan kendaraan Anda terancam dari sisi hukum.
  12. Zakat baik fithrah dan mal. Walaupun ini saya cantumkan mendekati item terakhir, tapi prioritas pembayaran zakat adalah yang pertama. Zakat fithrah dibayarkan setiap bulan Ramadhan dan zakat mal ketika harta Anda sudah memenuhi syarat pembayaran (Mungkin ini bukan hal  keduniaan ya ?).
  13. Terakhir adalah infaq dan shodaqoh. Jangan lupa orang-orang yang tidak seberuntung Anda (Mungkin ini bukan hal  keduniaan ya ?).

Mulailah membuat draft tentang hidup Anda. Mulai dari monitoring keuangan sampai jadwal kerja Anda. Walaupun kecil, tapi cukup membantu untuk monitoring dan control keuangan Anda.

Kira-kira masih ada yang perlu ditambahkan ?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s