Kepayahan di Kereta Sore dan Pagi…

Kamis sore seperti biasa saya pulang menggunakan KRL Pakuan ekspress. Cuma sore itu suasananya tidak biasa karena kereta 17.40 yang berangkat dari Tanah Abang sudah dijejali penumpang. Terpaksa deh, naik kereta ini berdesak-desakan. Parah juga untuk kereta ekspress AC yang notabene menggerus kocek 11 ribu rupiah.

Yang lebih parah lagi adalah ternyata jalur kereta dari Manggarai menuju Pasar Minggu mengalami gangguan pensinyalan. Padahal antara stasiun Manggarai – Pasar Minggu itu ada 4 stasiun yang harus dilewati, yaitu Tebet, Cawang, Duren Kalibata, Pasar Minggu Baru. Stasiun-stasiun ini biasanya bisa dilewati dengan cepat, tapi karena ada gangguan pensinyalan kereta hanya boleh lewat satu per satu untuk menghindari tabrakan. Kalau kereta ekspress bisa lewat 2 menit  per stasiun berarti 10 menit baru bisa lewat enam stasiun tersebut. Kalau kereta ekonomi mungkin sekitar 3-4 menit untuk lewat plus berhenti di tiap stasiun. Akhirnya 30 menit deh di dalam kereta ekspress dan berhimpitan dengan penumpang lain menunggu antrian kereta. Jendela kereta pun terpaksa dibuka.

Kepayahan sore hari disusul dengan penderitaan pagi. Ternyata kerusakan belum berhasil diperbaiki hingga pagi hari. Kereta ekonomi yang biasa saya tumpangi juga mulai mogok sejak mulai masuk Tanjung Barat. Kena lagi deh. Di kereta ekonomi lagi. Alhamdulillah hari ini hari Jumat. Kereta tidak terlalu padat. Hari ini malah lebih parah. Keterlambatan gara-gara kereta sampai 40 menit. Nanti sore naik apa ya ?

Alhamdulillah kereta di Indonesia masih di atas tanah. Tidak terbayang kalau sudah ada kereta bawah tanah dengan sistem perkeretaapian yang masih seperti ini.

Sepertinya sektor perkeretaapian yang selalu dijejali penumpang itu masih harus terus memperbaiki kinerjanya. Mengingat ribuan penumpang selalu memadati kereta.

Kira-kira kapan ya sistem transportasi umum Indonesia membaik ?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s