Berburu Toge Goreng

Rasanya aneh kalau orang Bogor tidak pernah makan toge goreng atau lebih tepatnya lebih dari 15 tahun tidak makan toge goreng. Padahal makanan ini merupakan makanan khas Bogor selain asinan. Seingat saya, ketika kecil saya agak trauma dengan toge goreng karena rasanya yang pedas.

Suatu saat di akhir pekan, ketika sedang melihat bufet di jalan Suryakencana, saya diajak makan toge goreng oleh istri. Tadinya sih tidak berminat, tetapi ketika melihat tukang toge goreng ada rasa ingin mencoba. Toge goreng ini saya bungkus dan dimakan di rumah. Ternyata rasanya maknyus. Toge goreng di Suryakencana ini akan saya bahas di lain tulisan mengingat saya belum menyambangi tempat itu lagi.

Kemarin malam (23/11), entah kenapa saya berniat makan toge goreng kembali. Berdasarkan referensi beberapa teman di Bogor, salah satu tempat jualan toge goreng adalah di dekat terminal Baranangsiang, tepatnya di dekat swalayan Ngesti, Jl. Pajajaran Bogor. Ternyata di Ngesti ini ada dua tempat yang berjualan toge goreng. Masing-masing berada di pojokan dan memiliki nama yang berbeda, Pak Iwon dan Pak Atep. Saat itu, saya coba pak Atep. Harganya untuk periode November 2009 adalah 9 ribu Rupiah. Supaya lebih mudah mencari lokasi toge goreng ini, persis setelah pintu tol dan ketemu lampu merah pertama, langsung ambil kanan. Setelah belokan pertama ini, ada jembatan penyeberangan yang berada di dekat terminal baranangsiang. Lokasi toge goreng berada di sebelah kiri jalan tersebut dan persis di dekat jembatan penyeberangan.

Berikut liputan gambarnya dari berbagai sudut pandang.

Gambar 1 Toge goreng sebelum dibuka

Penasaran untuk melihat lebih lanjut setelah melihat penampilan awal toge goreng yang dibungkus daun patat.

Gambar 2 Toge goreng setelah dibuka tanpa bumbu

Toge goreng di atas masih tanpa bumbu dan perlu ditambah bumbu tauco agar terasa semakin lezat toge goreng. Jika doyan pedas dapat ditambahkan sambal.

Gambar 3 Toge goreng setelah diberi bumbu tauco

Sekilas toge goreng mirip sekali dengan spagheti. Cuma bahannya adalah toge, tahu, dan kupat. Bumbunya pun bukan dari saus daging, tapi dari tauco.

Gambar 4 Toge goreng yang sudah habis

Ya habis deh.. Mau ??

2 thoughts on “Berburu Toge Goreng

Tinggalkan Balasan

