Delay Sensitive…

Para engineer telco maupun IT mengerti banget dengan istilah delay sensitive. Beberapa aplikasi di telco sangat sensitif terhadap delay. Tunda-menunda paket akan mengakibatkan gangguan yang besar di sisi end user. Services seperti voice mempunyai karakteristik delay-sensitive sehingga voice akan diberi prioritas utama pada sistem IP network.

Ternyata istilah itu muncul pada status YM teman saya. Id-nya saya samarkan begitupun fotonya.

Delay-Sensitive Salary

Dahulu ketika saya masih kerja di Batam, salary merupakan salah satu hal yang wajib tepat waktu. Jika ada keterlambatan satu hari saja bisa menyebabkan ribuan karyawan mogok kerja. Akibat yang fatal sekali. Satu hari saja karyawan mogok kerja bisa menyebabkan waktu penyelesaian produk tertunda. Bisa ribuan produk tidak bisa dikirim tepat waktu. Ujung-ujungnya penalty bagi perusahaan. Oleh karena itu, gaji karyawan selalu dibayarkan tepat waktu. In-time salary.

Di kantor saya yang sekarang dan bukan merupakan pabrik, salary juga merupakan hal yang delay sensitive. Hanya saja, jika gaji terlambat masuk, akibatnya tidak sefatal yang terjadi pada lingkungan pabrik. Yang terburuk adalah gerutu para karyawan karena uang belum bisa diterima di hari gajian. Maklum gaji sudah di atas standar rata-rata.

Delay-Sensitive Bonus

Biasanya setelah bulan Maret berakhir, karyawan kantor saya cukup harap-harap cemas dengan kinerja yang telah mereka lalui. Perhitungan sales, order receipt, profit merupakan beberapa penentu apakah akan ada bonus atau tidak, besar bonus, dan kecepatan bonus tiba di tangan karyawan. Semakin cepat audit yang dilakukan oleh 3rd party auditor, semakin cepat pulalah ketahuan hasil audit. Jika hasil audit sudah ketahuan dan hasilnya ternyata profit perusahaan besar, maka parameter delay mulai dapat dihitung. Bonus yang tidak keluar tepat waktu bisa membuat para karyawan bertanya-tanya. Bonus juga mempunyai parameter delay-sensitive. Para karyawan pada umumnya memiliki karakteristik gaji yang selalu mengalir pada waktunya ke pos-pos yang telah dianggarkan setiap kenaikan gaji. So, pada akhir bulan uang yang dimiliki sedikit, kecuali bagi mereka yang pintar menabung.

Delay-Sensitive Salary Adjustment

Karyawan-karyawan swasta biasanya sangat menunggu rezeki nomplok tahunan. Satu hal yang ditunggu-tunggu juga adalah penyesuaian gaji. Mengingat yang satu ini menentukan budget yang akan dilakukan untuk setahun ke depan. Salary adjustment bisa dipengaruhi oleh nilai inflasi tahunan, kinerja karyawan, promosi, dan lain sebagainya. Mengingat ini merupakan hak prerogatif sebagian orang di suatu perusahaan. Kadang jadwalnya juga tidak bisa ditentukan, melainkan harus mengikuti jadwal yang dikehendaki para empu perusahaan. Akhirnya kadang terkatung-katung deh budget tahun yang akan dijalani.

Kira-kira apalagi ya yang delay sensitive di suatu perusahaan ?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s