Papa, Kenapa Kerja ?

Beberapa hari yang lalu, pada hari Selasa (03/08), putri saya yang berumur 3 tahun bertanya hal yang mengejutkan di pagi hari. Pertanyaan polos yang cukup lucu buat saya. Papa, kenapa kerja? Mungkin jawaban yang cukup sederhana bisa diberikan pada putriku yang masih balita ini, tapi belum bisa tentu dimengerti dengan sempurna. Ternyata aktivitas Senin – Jumat terekam jelas di ingatan putriku dan menimbulkan rasa penasaran.

Biasanya pagi hari, putri saya mengantar sampai depan kompleks perumahan. Dengan motor Karisma X, kami bertiga meluncur ke tempat pemberhentian angkot terdekat. Setelah berpamitan, biasanya istri dan anak masih menunggu sampai saya naik angkot. Setelah angkot pergi, baru istri dan anak berlalu ke rumah kembali.

Pertanyaan ini kembali dilontarkan anak saya pada keesokan harinya (04/08) dengan susunan kalimat yang berbeda. Mungkin karena belum dapat jawaban yang memuaskan tentang kenapa papanya harus kerja. Jika boleh saya memberikan hipotesis, maka hipotesis saya adalah anak kecil memulai suatu bentuk proses pematangan berpikir dimulai dari pertanyaan-pertanyaan sederhana tentang hidup. Dari kumpulan-kumpulan informasi tersebut dirangkailah menjadi satu pandangan utuh. Jika informasi yang didapat baik, maka baiklah yang cara dia memandang kelak, tapi kalau diajari keburukan, maka nilai keburukan itulah yang membentuk jadi dirinya.

Kadang kalau dipikir-pikir dunia kanak-kanak lebih menyenangkan dibanding dunia orang dewasa. Anak-anak bisa bermain sepuasnya, tanpa harus dibebani pikiran apa yang akan dihadapi hari ini, esok hari. Saya masih mengernyitkan dahi untuk memberikan jawaban sederhana yang bisa dicerna dengan baik. Sedangkan jawaban yang sempurna biarlah dikupas dari perjalanan hidupnya menuju kedewasaan. Tentunya dengan bimbingan yang benar.

Kira-kira apa yang akan dijawab jika pertanyaan tersebut dilontarkan ke Anda ?

One thought on “Papa, Kenapa Kerja ?

  1. apa jawaban anda ? kok ga ditulis.

    kerja, cari pengalaman dan teman yg berujung ke penghasilan bulanan buat beli baju, susu dan sekolahmu nanti.

    Sulit merangkum kata menjadi satu kata yang sederhana untuk dimengerti anak bayi… Kalau sekarang sih sudah bisa diterangkan. hehe..

Tinggalkan Balasan

