Sapi Jantan Ketiga ?

Wacana pembelian sapi jantan ketiga mulai terbesit di pikiran. Masih ada beberapa bulan untuk mengumpulkan uang sebelum Lebaran Idul Adha. Seakan-akan membuka peluang kalau masih ada 1-2 peluang pembelian sapi yang dapat dilakukan sebelum masa penjualan tiba. Partisipasi di lebaran kurban tahun ini semoga bisa membuahkan hasil. Mengingat tahun lalu ternak kambing yang dikembangkan berbuah keuntungan. Walaupun tidak banyak karena kambing yang dijual hanya dua ekor sehingga nominal keuntungannya tidak besar. Pada saat ternak kambing pun, pihak mertua di desa merasa kesulitan jika harus beternak kambing dengan alasan agak susah mengurusnya jika jumlahnya sudah mencapai 10-20 ekor. Terpaksa menuruti keinginan mertua yang ingin mencoba dua ekor kambing terlebih dahulu.

Berbeda sekali ketika saya mengusulkan ternak sapi. Sepertinya mertua merasa bersemangat untuk memelihara sapi. Mungkin karena sapi jumlahnya hanya satu ekor sehingga tidak terlalu memberatkan kalau dirawat dan diberi makan secara kontinu. Mungkin benar juga kalau sebagian orang berpendapat kalau mengurus sapi satu ekor jauh lebih mudah dibanding mengurus kambing 10 ekor. Pengorbanan yang dikeluarkan lebih besar, tapi keuntungannya sedikit. Well, ini bukan kesimpulan akhir, hanya pendapat saja dan butuh perhitungan dari peternak kambing dan sapi. Sebenarnya saya juga tetap ingin mengembangkan peternakan kambing juga di samping peternakan sapi. Dua-duanya pasti punya sisi positif dan sisi negatif yang harus bersinergi agar menghasilkan keuntungan. Keinginan untuk berkecimpung di dunia peternakan dan memajukan peternakan di pedesaan sehingga suasana pedesaan kondusif untuk angkatan muda kerja. Mirip sih dengan program Sarjana Masuk Desa, tetapi ini mimpi engineer dari Bogor.

Kembali ke mimpi pembelian sapi jantan ketiga. Rencananya sapi ketiga dibeli saat pulang lebaran Idul Fitri tahun ini. Liburan saat lebaran kali ini akan dihabiskan dalam waktu dua minggu. Dalam dua minggu ini bisa jadi akan ada dua kali pasar jual beli hewan. Alangkah baiknya jika saat lebaran kurban, harga sapi potong yang sudah berusia 2 tahun berharga cukup kompetitif dengan tambahan margin. Target sapinya tetap sapi Jawa atau sapi PO karena jenis sapi ini termasuk favorit saat kurban. Harganya tidak terlalu mahal sehingga terjangkau oleh para pembeli yang ingin berkurban. Ada juga jenis sapi simmental dan limousine, tetapi harganya cukup jauh terpaut dengan sapi PO. Mungkin dua jenis sapi ini cocok untuk premium level.

Untuk tahap awal ini memang hanya beberapa sapi saja yang akan dijual, tetapi semangat berpartisipasi dalam peternakan rakyat tetap berkibar. Tekad untuk membesarkan peternakan bermitra peternak di desa tidak lekang oleh waktu.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s