Gaji

Berapa gaji yang kau harapkan? Itu pertanyaan dasar pada akhir form biodata yang diberikan HRD sebelum melakukan test di suatu perusahaan. Sederhana. Walaupun menjawabnya tidak sesederhana yang penulis pikirkan. Implikasinya besar dalam kehidupan. Tulis gaji yang nominalnya kecil bisa berakibat buruk seterusnya. Tulis gaji dengan nominal besar takut langsung kena sortir tidak lulus. Sulit juga memang menentukan besaran kemampuan kita dengan nilai uang.

Setiap perusahaan biasanya punya range gaji yang akan mereka berikan ke calon karyawan, tetapi untuk melakukan penilaian apakah karyawan ini tepat untuk ditempatkan di perusahaan mereka, HRD perlu tahu gaji yang diinginkan calon karyawan. Cara mencocokkan keinginan perusahaan dan keinginan karyawan. Salah memilih karyawan akan memberi dampak buruk bagi perusahaan. Jika gaji yang diberikan perusahaan tidak sesuai dengan harapan karyawan, sang karyawan akan sibuk cari pekerjaan yang lain pada saat bekerja.

Gaji memang bukan satu-satunya faktor penentu betah atau tidaknya karyawan ketika bekerja pada suatu perusahaan. Tidak selamanya keputusan untuk pindah perusahaan diakibatkan karena uang semata. Ada banyak hal lainnya yang telah saya bahas pada artikel Kursi Panas. Kadang perusahaan tempat kerja sekarang merupakan batu loncatan sebelum masuk perusahaan impian. Sama halnya dengan perguruan tinggi impian, perusahaan impian memang ada. Mungkin karena banyak orang yang bilang kalau kerja di situ enak dan nyaman sehingga karyawannya dapat bekerja dengan baik. Dari luar pun kita lihat kehidupannya pun menyenangkan.

Ada satu diskusi tentang besaran gaji yang menarik. Linknya ada di sini (semoga tidak ditutup). Di link ini dibahas berbagai gaji perusahaan-perusahaan di Jakarta. Lumayan juga untuk para fresh graduate yang sedang cari kerja ataupun para kutu loncat yang belum menemukan kenyamanan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s