Be a Boss..

Lebaran haji akhirnya tiba. Tak terasa hampir setahun saya menjalankan bisnis domba. Dari mulai pemilihan tempat, pembangunan kandang, pembangunan saung penjaga, pembayaran gaji karyawan dan lain sebagainya. Sudah merasakan jadi boss dan pusing tujuh keliling dengan permasalahan domba dan juga karyawan. It’s not that easy to be a boss

Setelah berkutat dengan itu semua, tibalah saat yang dinantikan, yaitu lebaran haji. Alhamdulillah. Saat beraksi sudah tiba. Domba yang telah cukup umur siap dijual kepada para pelanggan. Lebaran haji tahun ini jatuh pada tanggal 6 November 2011, tepat hari Ahad. Melihat keadaan yang cukup menguntungkan bagi saya sebagai pekerja yang nyambi jadi peternak domba, saya mengajukan cuti pada hari Jumat agar dapat membantu rekan saya yang saya request untuk berjualan.

Domba yang dijual bervariasi harganya dengan range 900 ribu sampai 1,25 juta. Itu sudah termasuk biaya dokter dan pengantaran sampai lokasi pembeli. Ternyata di lokasi penjualan tersebut, rata-rata pembelinya merupakan pembeli menengah ke atas. Stand-stand yang lain malah bisa jual domba dan kambing dengan kisaran 1,5 – 3 juta. Harga yang lumayan fantastis untuk ukuran domba dan kambing. Memang dengan harga itu, hewan kurban yang didapat pun cukup memuaskan dari segi daging.

Berkutat seminggu di lokasi penjualan, sampai akhir penjualan domba yang terjual adalah sekitar 33 domba. Alhamdulillah untuk peternak dan pedagang pemula, lumayanlah. Pada hari-hari yang mendekati Idul Adha, yaitu sejak H-2, calon pembeli yang datang semakin banyak. Agak kewalahan juga apalagi mendekati hari H, pengiriman harus sudah mulai dilakukan. Mulai Sabtu pagi sampai Sabtu malam, pengiriman dilakukan. Benar-benar pekerjaan yang melelahkan. Tidak semudah yang saya kira. Saat Idul Adha-nya ada 9 domba yang harus saya kirim ke Bojong karena ada pesanan dari salah satu pondok pesantren di Cileungsi.

Pengalaman tahun ini menambah khasanah bahwa kalau mau sukses ada perjalanan panjang yang harus dilakukan dan tidak semudah yang kita kira. Semoga saja ke depannya semakin baik dalam mengelola peternakan. Target tahun depan penjualannya adalah 100 domba. Pekerjaan yang semakin berat.

One thought on “Be a Boss..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s