Tiga Sapi Jantan

Sudah ada tiga sapi jantan di tahun ini yang diternak di Magelang. Sapi jantan ini sengaja dipelihara dan siap panen setelah 3-6 bulan. Siklus pemeliharaan sapi jantan memang lebih cepat dibanding siklus pemeliharaan induk betina. Biasanya sapi jantan diambil dagingnya setelah berumur 2-3 tahun sedangkan sapi betina ditunggu anakannya. Sapi jantan yang diminati biasanya sapi dengan ukuran badan yang bagus sehingga diharapkan dapat lebih besar lagi ukurannya saat akan dipanen. Biasanya para petani (merangkap peternak) dapat mengenali sapi-sapi yang bagus ini.

Dahulu biasanya sapi digunakan sebagai tabungan bagi masyarakat pedesaan. Saat ini sapi merupakan salah satu bisnis yang cukup menjanjikan untuk digarap sebagai salah satu bagian agrobisnis. Dengan memelihara sapi, petani bisa menyimpan uangnya dalam bentuk yang nyata. Saat petani membutuhkan uang, sapi biasanya dijual. Jadi kadang penjualan sapi bisa pada saat harga sedang turun karena saat itu banyak peternak sapi yang menjual sapinya karena membutuhkan uang.

Pemeliharaan sapi jantan ini sebenarnya sudah diawali pada tahun 2010, tetapi sempat terhenti saat tahun 2011 karena mulai fokus ke bisnis peternakan domba. Jadi hanya sapi betina saja yang dipelihara. Tahun 2012 ini merupakan tahun kebangkitan dari peternakan yang saya coba rintis. Sapi dan domba dapat berjalan seiring untuk mendukung program pemerintah, yaitu swasembada daging. Masyarakat Indonesia dapat menikmati daging sapi dan domba sebagai variasi dari salah satu kebutuhan hidupnya.

Tiga sapi jantan ini mengawali kembali peternakan sapi saya di Magelang. Sapi pertama dibeli saat bulan Maret 2012, sapi kedua saat bulan April 2012, dan sapi ketiga saat bulan Juni 2012. Akankah sapi keempat akan dibeli pada tahun ini juga?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s