Huhuy…

Akhirnya penantian sekian lama bertemu pada satu titik kebahagiaan. Tanggal 1 November 2012 merupakan salah satu hari bersejarah karena pada hari itu tercatat pelunasan rumah pertama telah dilakukan. Tabungan yang terkumpul selama 10 bulan terakhir dapat dibayarkan ke Bank Mandiri untuk penyelesaian sisa hutang.

Sudah jadi manusia bebas sekarang ini. Tidak dikungkung oleh hutang lagi. Apalagi hutang kreditan. Gaji bisa full dinikmati oleh anak istri di rumah. Bisa mulai menabung dan mengejawantahkan mimpi-mimpi lama. Hutang yang terlalu banyak kadang melenakan para pengutang. Memang keuntungan berhutang (dengan kredit) adalah menikmati barang yang diinginkan tanpa harus menundanya untuk beberapa waktu. Cuma ada beberapa kerugian yang hadir saat berhutang tersebut seperti ada bunga yang dibayar di muka. Pihak bank, leasing akan mengambil bunga lebih besar dari pokok pada saat awal cicilan. Biasanya bank akan memberikan skema cicilan setelah pengutang mengambil kredit. Perhatikan baik-baik bunga yang dibayar di awal cicilan. Lumayan besar.

Setelah makan asam garam kredit selama beberapa tahun, akhirnya mulai kapok deh berkredit ria. Semoga saja istiqomah dengan pendirian ini karena memang godaan berhutang kadang timbul ketika melihat barang baru. Melirik saldo tabungan ternyata belum cukup untuk membeli barang tersebut. Apalagi tawaran bunga kredit yang dibuat semenarik mungkin. Ketahanan hati perlu dilatih. Biasanya barang baru tersebut, berupa rumah, mobil, gadget baru, peralatan dapur, dan lain sebagainya. Kemewahan yang ditawarkan dunia.

LUNAS

Beberapa saat setelah pelunasan, beban di pundak terasa ringan. Langkah kaki pun tidak gontai seperti dulu. Kicau burung terdengar lebih indah. Semua bermuara pada satu kebahagiaan. Kembali ke titik asal ketika masih menjadi tanggungan orang tua. Tak ada hutang menggelayut. Agenda berikutnya adalah budgeting untuk mimpi-mimpi yang akan diwujudkan. Mulailah disusun rencana pembelian mobil, perbaikan rumah, pembelian perabot rumah, sepeda, dan lain-lain. Tentunya tanpa hutang (dengan kredit).

Ups… Semoga tidak ada yang menawarkan kreditan hutang lagi… Ada yang mau ikut tidak berhutang (dengan kredit) ?

2 thoughts on “Huhuy…

  1. Sepertinya sulit pak tidak berhutang… selama masih dalam koridor “aman”, rasanya kapok lombok u/ berhutang. setelah 2007 ber KPR dgn mandiri, lanjut 2010 ber KKB dengan ACC, eh sudah bebas sebagai manusia tanpa hutang di maret 2013,… skrg berencana KPR lagi,….Hiduuuup Hutang🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s