Visit ke Singapura

Pergi ke luar negeri? Yang paling penting buat dicari adalah makanan halal-nya sebelum berangkat visit ke negeri asing. Di luar negeri tidak seperti di Indonesia yang notabene banyak penduduk muslim dan lumayan gampang mencari makanan halal. Di singapura yang cukup beragam kebangsaannya, perlu memilih makanan yang cocok. Selain itu adalah peta transportasinya. Kalau bisa di-print dalam bentuk warna atau di-download dan disimpan di telepon seluler. Jika dua hal tersebut sudah siap, langkah selanjutnya adalah menyiapkan mata uang negara yang dikunjungi. Tidak masuk kategori penting sekali karena di tiap bandara biasanya ada currency exchange counter yang bisa dikunjungi untuk penukaran uang. Catatannya adalah bawalah uang USD karena mata uang rupiah dihargai sangat tidak layak di luar negeri. Based on pengalaman di beberapa negara.

Kebetulan Juni 2014 kemarin saya berkesempatan untuk mengunjungi negeri ini. Ada salah satu pameran teknologi yang berlangsung di Marina Bay. Perjalanan dari Bandara Changi ke lokasi hotel di daerah Bencoolen yang berjarak 20 km cukup cepat. Hanya 20 menit by taxi. Jalanan relatif lancar sekali. Tarif taxinya lumayan mahal. untuk perjalanan 20 km kena 19 SGD atau setara 180 ribu (rate 1 SGD = 9500 IDR). Ada tarif ERP, tarif bandara dan tarif jarak. Taxi menyusuri jalanan yang mulus diselingi taman-taman kota yang berada di pinggir pantai. Asri sekali. Gedung-gedung apartemen 10 – 20 lantai ada di sisi kanan kiri. Trotoar pun tersedia untuk para pejalan kaki. Terlihat pesepeda dan pejalan kaki menyusuri trotoar. Nyaman.

Sesampainya di V Hotel Bencoolen dan check in, saya agak terkejut dengan kamar hotelnya. Lumayan mahal untuk kamar hotel yang kecil sekali. Tarifnya USD 152 atau 1,7 juta  per malam (include tax and service charge) untuk kamar hotel yang kecil dan wifi. Kali ini saya tidak pesan breakfast karena tarif hotel akan bertambah lagi.

IMG_0744
Kamar hotel di Bencoolen

Istirahat sebentar, lalu saya coba cari makanan di dekat hotel, ternyata ketemu walaupun cukup jauh, yaitu di depan Bugis Junction. Ada satu restoran yang mencantumkan label halal di depan restoran. Patut dicoba. Harganya lumayan mahal untuk ukuran orang Indonesia, tetapi ternyata makanan itu termasuk murah di Singapura. Berikut gambar-gambarnya.

IMG_0760
Teh Tarik
Nasi Goreng Telur
Nasi Goreng Telur

Nasi goreng telur dan teh tarik seharga 5 SGD setara 47500 IDR (kurs 9500 IDR). Mahal juga.

Nasi Briyani Chicken
Nasi Briyani Chicken dan Teh Tarik 7 SGD (66.500 IDR)
Telur dan Teh 3,6 SGD (34.200 IDR)
Telur dan Teh 3,6 SGD (34.200 IDR)

Yang lebih mahal lagi makan di Marina Bay..

Nasi Padang Ayam, Sosis, Tumis kacang Udang 15 SGD (142.500 IDR)
Nasi Padang Ayam, Sosis, Tumis kacang Udang 15 SGD (142.500 IDR)

Mantap juga harga makanan di Singapura. Untung masih ada Pop Mie.

Pop Mie pelengkap perjalanan
Pop Mie pelengkap perjalanan

Untuk urusan transportasi, jangan lupa beli ez-Link yang dapat digunakan untuk naik MRT keliling Singapura. Harga kartu 5 SGD dan balance 7 SGD sehingga total adalah 12 SGD. Tarif perjalanan MRT di Singapura memang lebih mahal dibanding Indonesia, tapi jadwalnya terjamin dan nyaman.

Peta MRT
Peta MRT

Kebetulan V Hotel Bencoolen dekat sekali dengan stasiun Bras Basah sehingga memudahkan untuk perjalanan ke Marina Bay. Dari Bras Basah naik MRT dan transit di Promenade. Dari Promenade lanjut ke Bayfront.

Salah Satu Pintu Stasiun MRT - Bras Basah
Salah Satu Pintu Stasiun MRT – Bras Basah
Kartu ez-link
Kartu ez-link
Eskalator yang cukup tinggi
Eskalator yang cukup tinggi
Suasana di Platform
Suasana di Platform
Peta MRT
Peta MRT
Peta Jalur yang lewat Platform
Peta Jalur yang lewat Platform

Berhubung exhibition dekat Marina Bay, berikut foto-foto Marina Bay. Singapura memang mumpuni dalam mendesain Marina Bay sehingga terlihat perpaduan yang luar biasa. Sayangnya udara di Singapura merupakan udara panas dengan sinar matahari yang terik. Jadi berlama-lama di luar gedung membuat kulit terasa tersengat matahari.

Marina Bay
Marina Bay
Pusaran Air di Marina Bay
Pusaran Air di Marina Bay
LV di Marina Bay
LV di Marina Bay

IMG_0854

Gedung di depan Teluk Marina
Gedung di depan Teluk Marina

IMG_0859 IMG_0860 IMG_0861 IMG_0865

Kesibukan di Exhibition membuat kaki saya pegal-pegal dan linu sehingga tidak kuat jalan-jalan di Singapura. Hanya daerah Bugis Street yang saya datangi untuk mencari oleh-oleh. Itu pun hanya sedikit Souvenir saja yang saya beli. 

IMG_0763
Tempelan Kulkas Singapura

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s